Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Desain Museum Berbentuk Kapal

Kompas.com - 15/08/2013, 14:34 WIB
Tabita Diela

Penulis

www.dezeen.com Lokasi museum yang berada di Dundee's Craig ini, sebelumnya merupakan pusat hiburan. Di masa yang akan datang, fungsinya bertambah menjadi pusat kesenian penting.
www.dezeen.com V&A Museum diklaim tidak akan seperti museum lainnya di Skotlandia. Museum tersebut memfokuskan desainnya pada pengaruh dalam kehidupan sehari-hari, menjadi sumber inspirasi, membuat berbagai hal bekerja, serta mengubah kehidupan penduduk di sekitarnya.
www.dezeen.com Terdapat empat galeri di dalamnya. Masing-masing menampilkan karya-karya kelas dunia, di samping desain khas setempat. Selain itu, akan ditampilkan juga secara permanen sejarah desain, desain kontemporer, dan desain masa depan ala Skotlandia.
www.dezeen.com Konstruksi akan dimulai pada musim panas 2014 mendatang. Rencananya, pembangunan kelar pada 2015. Gedung museum ini juga akan berpartisipasi dalam acara UK City of Culture 2017.
KOMPAS.com - Proposal terbaru Kengo Kuma untuk museum V&A di Dundee, Skotlandia tampaknya mendapat lampu hijau. Desain yang diajukan tersebut kini tidak hanya berisi tampilan bangunan, namun juga pengurangan biaya perawatan dan pengoperasian.
 
Lokasi museum yang berada di Dundee's Craig ini, sebelumnya merupakan pusat hiburan. Di masa yang akan datang, fungsinya bertambah menjadi pusat kesenian penting. Kengo Kuma dan Asosiasinya bekerja sama dengan Studio Cre8 Architecture dari Edinburgh guna merealisasikan museum V&A. 
 
Direktur V&A Dundee Philip Long menyatakan dalam situs resmi museum tersebut, pihaknya sangat senang memberikan persetujuan ini. Dengan begitu V&A telah melangkah maju menuju realisasi. Tim V&A hampir merampungkan pekerjaan mendetil untuk menerjemahkan garis besar desain menjadi model konstruks. Proyek tersebut kini memasuki fase baru, di mana dalam bebera bulan ke depan, orang-orang akan melihat bukti V&A di Dundee menjadi kenyataan.
 
"Desain luar biasa Kengo Kuma akan memberikan Dundee dan Skotlandia ruang menyenangkan untuk menikmati pameran internasional yang luar biasa, mempelajari dan ikut serta dalam sejarah besar kreatifitas di Skotlandia. Saya percaya, hal ini dapat menarik pengunjung dari seluruh dunia. Desain yang tampak seperti kapal di sisi perairan tersebut memang tampak istimewa," ujar Long.
 
V&A Museum diklaim tidak akan seperti museum lainnya di Skotlandia. Museum tersebut  memfokuskan desainnya pada pengaruh dalam kehidupan sehari-hari, menjadi sumber inspirasi, membuat berbagai hal bekerja, serta mengubah kehidupan penduduk di sekitarnya. Di dalamnya terdapat lebih dari 1.700 meter persegi ruang galeri fleksibel, lengkap dengan salah satu ruang pamer khusus terbesar di negara ini.
 
Pendek kata, terdapat empat galeri di dalamnya. Masing-masing menampilkan karya-karya kelas dunia, di samping desain khas setempat. Selain itu, akan ditampilkan juga secara permanen sejarah desain, desain kontemporer, dan desain masa depan ala Skotlandia.
 
Konstruksi akan dimulai pada musim panas 2014 mendatang. Rencananya, pembangunan kelar pada 2015. Gedung museum ini juga akan berpartisipasi dalam acara UK City of Culture 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com