Amsterdam, Kota Paling Ramah Pesepeda 2013

Kompas.com - 10/08/2013, 13:16 WIB
Amsterdam terpilih sebagai kota terbaik dan paling ramah untuk pesepeda dari Copenhagenize Index 2013. copenhagenize indexAmsterdam terpilih sebagai kota terbaik dan paling ramah untuk pesepeda dari Copenhagenize Index 2013.
|
EditorHilda B Alexander
AMSTERDAM, KOMPAS.com — Demam bersepeda ke kantor (bike to work) di Jakarta dan beberapa kota lainnya, baru terjadi kurang dari satu dekade terakhir. Sementara di kota-kota dunia lainnya, bersepeda ke kantor sudah menjadi gaya hidup.

Kegiatan bersepeda, selain menyehatkan jasmani pengayuhnya, ternyata dapat mengubah bagaimana sebuah kota dibangun dengan benar. Kota-kota di Eropa seperti Amsterdam, Copenhagen, Utrecht, Seville, Bordeaux, terus "merevolusi" dirinya menjadi kota yang ramah pesepeda. Hingga kemudian diganjar penghargaan sebagai lima kota terbaik paling akomodatif terhadap pengayuh sepeda dari Copenhagenize Index 2013.

Copenhagenize merupakan perusahaan konsultasi dan komunikasi yang mengkhususkan diri dalam segala hal yang berhubungan dengan bersepeda. Perusahaan memberikan penghargaan Copenhagenize Index berupa pemeringkatan terhadap kota-kota ramah sepeda di dunia.

Amsterdam meraih penghargaan dengan skor tertinggi yakni 83. Kota ini juga mendapatkan penghargaan serupa pada 2011 lalu dengan menduduki posisi tertinggi. Amsterdam unggul hampir di semua kategori. Kategori itu termasuk advokasi, budaya sepeda, fasilitas bersepeda, infrastruktur, program berbagi sepeda, gender split, berbagi modal, meningkatkan pangsa modal sejak tahun 2006, persepsi keamanan, politik, penerimaan sosial, perencanaan kota, dan lalu lintas yang menenangkan.

Desain infrastruktur kota ini dirancang sangat kompak. Menandakan bahwa kemauan politik para pemangku kepentingan sangat positif dalam memperhatikan warganya. Mereka secara berkala memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana kota. Amsterdam kini menambah zona aman bagi para pesepeda sepanjang 30 kilometer. Bertambahnya jalur ini, jelas memperlambat "ritme" hidup kota, akan tetapi sekaligus berdampak pada bertambahnya tingkat keamanan dan kenyamanan bagi warganya.

Bersepeda dengan suasana santai, menyenangkan, dan sebagai arus utama dapat Anda temukan  di kota ini. Dan Amsterdam merupakan satu-satunya kota di planet ini yang memiliki spot-spot bersepeda paling banyak.

Tak ada gading yang tak retak. Kendati mampu mengungguli kota-kota lainnya, toh Amsterdam dinilai masih banyak memiliki kekurangan. Ibu kota Belanda ini bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa pemikiran kreatif dan inovatif untuk memperbaiki kondisi bersepeda dan meningkatkan peminatnya lebih banyak lagi.

Warganya sangat mencintai bersepeda, tetapi, kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika mereka tidak harus menebak apa bentangan berikutnya dari jalur sepeda yang mereka lewati. Selain itu, Amsterdam, seperti kota-kota Belanda lainnya yang masuk penilaian Copenhagenize Index 2013 mestinya bisa lebih inovatif dari pencapaian mereka sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.