Kompas.com - 07/08/2013, 09:57 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong pada Hari Raya, tak cukup hanya dengan mengunci pintu dan jendela secara ganda atau tips manual lainnya. Anda bisa melakukan langkah efektif lainnya seperti menerapkan sistem kunci rumah elektronik. 

Sistem ini sangat praktis dan memudahkan. Begitu mudahnya, pemilik rumah bahkan hanya perlu menghubungkan ponsel dengan kunci rumah untuk membuka pintu. Sistem kunci ini bernama Kwikset Kevo, dan hanya bisa berfungsi melalui cara khusus. Tidak sembarang kunci rumah dapat digunakan untuk mengaktifkan sistem ini.

Pengguna perlu memasang kunci baru seharga 144 poundsterling (Rp 2,2 juta) di pintu rumah jika ingin menggunakan aplikasi Kwikset Kevo. Paket kunci baru tersebut terdiri atas sebuah lubang kunci, satu kunci elektrik, dua kunci manual, dan dua eKey untuk ponsel. Lubang kunci terdiri atas beragam pilihan warna Satin Nickel, Venetian Bronze dan Polished Brass.

Sayangnya, saat ini, aplikasi Kwikset Kevo hanya tersedia bagi ponsel dengan sistem operasi iOS. Namun, menurut Dailymail, perusahaan pembuat Kwikset Kevo sudah mempertimbangkan versi khusus bagi Android dan Blackberry.

Cara kerja Kwikset Kevo cukup mudah dipahami oleh penggunanya. Pengguna hanya perlu "menyimpan" sebuah lokasi pada ponsel atau tablet mereka lewat sambungan Bluetooth. Ketika pengguna melewati area bangunan dengan perangkat Kwikset Kevo yang sudah "disimpan" dalam ponselnya, mereka hanya perlu menyentuh kunci. Tanpa perlu mengeluarkan ponsel dari kantongnya, pengguna dapat membuka kunci rumah. Pemilik rumah dapat memberi akses masuk permanen bagi anggota keluarga, atau akses masuk sementara bagi tamu dan kolega.

Jika bicara mengenai keamanan, aplikasi ini mampu mendeteksi akses ilegal ke dalam rumah. Aplikasi tersebut dapat mendeteksi, apakah penghuni rumah sudah berada di dalam rumah atau belum dengan memanfaatkan GPS (Global Positioning System). Selain itu sistem kunci ini juga dilengkapi dengan kunci manual untuk berjaga-jaga adanya kondisi darurat, seperti habisnya baterai. Kevo beroperasi dengan empat baterai AA yang mampu bertahan selama satu tahun, tergantung frekuensi pemakaian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.