Kompas.com - 01/08/2013, 17:21 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Sebagai campuran dasar, Anda hanya perlu menyampurkan satu cangkir air dan seperempat cangkir cuka putih dalam botol semprot. Gunakan larutan tersebut sebagai cairan pembersih dalam berbagai ruangan di rumah Anda.

Tak hanya efektif, cuka juga minim kandungan kimiawi berbahaya untuk digunakan sebagai zat pembersih di rumah. Cocok untuk bersih-bersih menjelang hari raya nanti, bukan? Berikut ini beberapa tips membersihkan rumah dengan cuka:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fleksibel di kamar mandi

Cuka dapat digunakan di kamar mandi sebagai larutan pembersih yang aman. Penggunaan cuka di kamar mandi tergolong fleksibel. Larutan tersebut dapat digunakan sebagai campuran dasar pembersih toilet dan lantai ubin.

Larutan cuka juga mampu menghilangkan noda air dan sisa-sisa sabun pada wastafel. Anda hanya perlu menyemprotkannya, sedikit menggosok, dan seka hingga bersih.

Larutan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan nat. Campurkan dua sendok makan sari lemon, seperempat cangkir cuka, seperempat cangkir air hangat, dan dua sendok makan boraks. Paparkan campuran ini pada nat, kemudian gosok dengan sikat gigi.

Pembersih dapur

Kedua, cuka juga dapat membantu kegiatan di dapur menjadi lebih nyaman. Selain untuk menambah citarasa dalam memasak, cuka juga memiliki fungsi sebagai pembersih dapur.

Anda bisa menggunakan campuran dasar berisi air dan cuka untuk membersihkan lemari es, lantai ubin, dan alas memotong bahan makanan. Cuka juga bisa menghilangkan bau tidak sedap di wastafel dapur Anda. Caranya, tuangkan dua cangkir air panas dan dua cangkir cuka pada saluran air wastafel Anda.

Ketiga, cuka dapat digunakan di ruang-ruang lain, mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur. Gunakan juga larutan cuka untuk membersihkan lantai, pintu, dan dinding kayu yang tidak diberi lapisan lilin.

Untuk mengkilapkan jendela, gunakan campuran air dan cuka dalam komposisi sama. Seka dengan kain lembut setelah menyemprotkan larutan cuka ke permukaan kaca. Terakhir, gunakan juga cuka untuk menghilangkan noda di karpet. Campurkan satu sendok teh detergen, satu sendok teh cuka, dan seliter air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Houzz
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.