Kompas.com - 01/08/2013, 14:34 WIB
Dengan dominasi bahan utamanya adalah kayu, bambu, atau rotan, konsep gazebo di sini menganut bentuk gazebo di pedesaan-pedesaan tradisional Indonesia seperti arsitektur Bale Bengong khas Bali, Rumah Joglo ciri khas Jawa Tengah, atau rumah panggung ala Bugis.  www.houzz.comDengan dominasi bahan utamanya adalah kayu, bambu, atau rotan, konsep gazebo di sini menganut bentuk gazebo di pedesaan-pedesaan tradisional Indonesia seperti arsitektur Bale Bengong khas Bali, Rumah Joglo ciri khas Jawa Tengah, atau rumah panggung ala Bugis.
EditorLatief
KOMPAS.com -  Betapa tidak. Jika tidak di dekat area rindang atau dinding rumah yang teduh, gazebo kerap dibangun di sudut luar bangunan rumah yang terkesan "mojok" sendiri, jauh dari keramaian. Alhasil, suasana yang muncul sangat privasi, baik di halaman rumah, samping kolam renang, atau di atas kolam ikan dan taman.

Banyak pilihan gaya jika Anda menginginkan kehadiran gazebo di rumah. Simak berikut ini:

Tradisional

Dengan dominasi bahan utamanya adalah kayu, bambu, atau rotan, konsep gazebo di sini menganut bentuk gazebo di pedesaan-pedesaan tradisional Indonesia seperti arsitektur Bale Bengong khas Bali, Rumah Joglo ciri khas Jawa Tengah, atau rumah panggung ala Bugis.  

Tak heran, kini di hotel mewah atau restoran pun seringkali terdapat gazebo tradisional sebagai daya tariknya. Material kayu yang digunakan pun variatif seperti jati, nangka, bahkan batang kelapa. Berhias motif unik, baik pahat atau ukir, atapnya kerap memakai atap sirap, jerami, atau genteng tanah liat modern

www.houzz.com Ciri-ciri perpaduan nuansa moderen dan klasik gazebo ini adalah penggunaan pilar-pilar berukuran besar dan atap model kubah.
Modern Klasik Eropa
Di Eropa, seperti Perancis atau Inggris, gazebo kerap dibangun di area taman yang penuh warna-warni bunga. Ciri-ciri perpaduan nuansa moderen dan klasik gazebo ini adalah penggunaan pilar-pilar berukuran besar dan atap model kubah.

Dibangun kokoh dengan pondasi beton, permukaan gazebo ini biasanya rata atau flat dengan tanah. Atapnya kerap menggunakan kaca, umumnya dihiasi dengan lantai mozaik warna-warni.

Nah, tertarik membangun gazebo? Bisa dibayangkan, betapa nikmatnya kala siang panas seperti saat kemarau ini Anda dan keluarga asyik bersantai di gazebo yang sejuk di halaman rumah atau teras belakang rumah Anda!Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.