Nih... Rak-rak "Cerdas", Fleksibel Menyesuaikan Ukuran Ruang!

Kompas.com - 30/07/2013, 21:18 WIB
Rak yang didesain oleh Stephanie Hornig berikut ini juga bisa digunakan sebagai salah satu aksen penghias ruangan, partisi, dan tentu saja, untuk menyimpan berbagai jenis barang. Bedanya, rak karya Hornig memiliki ukuran fleksibel. www.dezeen.comRak yang didesain oleh Stephanie Hornig berikut ini juga bisa digunakan sebagai salah satu aksen penghias ruangan, partisi, dan tentu saja, untuk menyimpan berbagai jenis barang. Bedanya, rak karya Hornig memiliki ukuran fleksibel.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Tidak jarang, rak-rak penyimpanan berfungsi lebih dari sekedar ruang penyimpanan. Rak-rak ini dapat dimanfaatkan juga sebagai hiasan atau partisi ruangan.

Tak banyak berbeda dengan penggunaan rak pada umumnya, rak yang didesain oleh Stephanie Hornig berikut ini juga bisa digunakan sebagai salah satu aksen penghias ruangan, partisi, dan tentu saja, untuk menyimpan berbagai jenis barang. Bedanya, rak karya Hornig memiliki ukuran fleksibel.

www.dezeen.com Rak ini dapat diatur sesuai dengan ukuran yang tersedia. Menurut sang kreator, rak yang disebut
Rak ini dapat diatur sesuai dengan ukuran yang tersedia. Menurut sang kreator, rak yang disebut "The Set" tersebut terbuat dari kayu Beech dan besi. Kayu digunakan sebagai penyangga, sementara besi digunakan sebagai alas rak. Kayu kemudian dirakit hingga membentuk wajik-wajik atau gunting.

"Lempengan besi dipotong secara strategis hingga dapat dipasang pada sumbu-sumbu (penyangga) struktur yang lentur hingga dapat dipasang pas pada posisi," tulis Hornig di situs pribadinya.

Sebenarnya, ukuran rak sangat bergantung pada lempengan alas rak yang terbuat dari besi tersebut. Seperti penjelasan Hornig, tepian alas rak telah dipotong sebagai "dudukan" rangka kayu. Semakin besar alas rak, semakin besar rentangan rangka kayu, semakin besar pula ukuran "The Set".

www.dezeen.com Tepian alas rak telah dipotong sebagai
Sang desainer juga menyediakan empat ukuran alas rak. Dengan variasi ini, pemiliknya dapat bebas mengatur bentuk serta ukuran raknya.

Desainer produk lahir di Austria ini juga mengungkapkan bahwa karya-karyanya terinspirasi dari struktur "kepangan". Hornig ingin merancang benda-benda yang bisa merenggang, baik itu benda dua dimensi atau tiga dimensi. Sistem rak ini didasari pada prinsip poros gunting. Hanya saja, sumbunya diperpanjang agar ada ruang bagi permukaan rak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X