Yuk... Mengecat "Sistem Kebut" Seminggu!

Kompas.com - 30/07/2013, 14:29 WIB
Perkirakan seberapa besar bidang yang perlu dicat. Memperkirakan bidang yang perlu dicat sebelum memulai pengerjaan mampu memudahkan proses pengecatan dan membuatnya lebih efisien. www.houzz.comPerkirakan seberapa besar bidang yang perlu dicat. Memperkirakan bidang yang perlu dicat sebelum memulai pengerjaan mampu memudahkan proses pengecatan dan membuatnya lebih efisien.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, berbagai persiapan mulai dilakukan penduduk Indonesia dalam rangka mempercantik hingga memperbaiki konstruksi rumah. Tujuannya sederhana, rumah kembali tampil menarik dan menyenangkan untuk menyambut kerabat. Jika memperbaiki konstruksi terlampau rumit, Anda bisa sedikit menyegarkan rumah lewat sapuan cat baru.

Masih ada satu minggu untuk Anda mempersiapkannya. Anda masih sempat mengecat sebagian atau seluruh rumah. Berikut ini beberapa tips singkat yang telah dihimpun untuk membantu Anda mengecat rumah dengan "sistem kebut" seminggu.

www.shutterstock.com Pertama, Anda tahu berapa banyak kaleng cat yang Anda butuhkan. Efeknya, warna cat dari beberapa kaleng cat yang sudah Anda beli dapat dibuat semirip mungkin. Kedua, Anda bisa memperkirakan lama pengerjaan.
Perkiraan bidang

Perkirakan seberapa besar bidang yang perlu dicat. Memperkirakan bidang yang perlu dicat sebelum memulai pengerjaan mampu memudahkan proses pengecatan dan membuatnya lebih efisien.

Pertama, Anda tahu berapa banyak kaleng cat yang Anda butuhkan. Efeknya, warna cat dari beberapa kaleng cat yang sudah Anda beli dapat dibuat semirip mungkin. Kedua, Anda bisa memperkirakan lama pengerjaan.

www.shutterstock.com Dari berbagai sumber, rata-rata satu liter cat mampu menutup 10 hingga 12 meter persegi permukaan dinding. Cara penghitungannya pun sederhana. Kebutuhan cat bisa Anda ketahui dengan cara membagi luas dinding dengan luas yang bisa ditutup oleh cat satu liter.
Dari berbagai sumber, rata-rata satu liter cat mampu menutup 10 hingga 12 meter persegi permukaan dinding. Cara penghitungannya pun sederhana. Kebutuhan cat bisa Anda ketahui dengan cara membagi luas dinding dengan luas yang bisa ditutup oleh cat satu liter.

Jika satu liter cat mampu menutup 10 hingga 12 meter persegi, maka untuk ruangan berukuran 4 meter x 5 meter, dengan tinggi 3 meter, Anda membutuhkan cat 4,5 liter. Penghitungannya demikian:

(2x(4m + 5m) x3m/(12m2 per liter) =
(18m x 3m) / (12m2 per liter) =
54m2 / 12m2 per liter =
4,5 liter

Artinya, untuk satu lapis sapuan cat, Anda membutuhkan 4,5 liter cat. Jika Anda ingin menggunakan dua kali pelapisan, maka Anda membutuhkan sembilan liter cat.

Jenis cat

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X