Kompas.com - 30/07/2013, 13:07 WIB
Walaupun sudah disediakan bak penangkap lemak, masalah penyumbatan kemungkinan tetapi terjadi. www.houzz.comWalaupun sudah disediakan bak penangkap lemak, masalah penyumbatan kemungkinan tetapi terjadi.
EditorLatief
KOMPAS.com - Walaupun sudah disediakan bak penangkap lemak, masalah penyumbatan kemungkinan tetapi terjadi. Anda harus siap-siap menyambut hari raya nanti, jangan sampai urusan mampet bak cuci membuat repot.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan. Simak berikut ini:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Gunakan saringan yang berjeruji rapat pada bak cucian dapur (sink). Ini merupakan saringan pertama yang menyortir apa saja yang akan dibuang melalui saluran.

www.houzz.com Limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sink dapur dan floor drain kamar mandi disebut dengan greywater. Air limbah ini mencakup 60 persen dari seluruh limbah cair di rumah tangga. Dengan jumlah itu, alangkah baiknya limbah ini dapat dimanfaatkan ulang. Misalnya, dengan
- Jangan lupa, bersihkan saringan ini setiap hari agar sisa makanan yang menempel tidak sempat membusuk dan berbau.

- Pada saat membuat saluran pembuangan, usahakan sesedikit mungkin ada lekukan. Sambungan yang berbelok memperbesar kemungkinan terjadinya endapan dan sumbatan.

- Perhatikan juga kemiringan pipa pembuangan. Kemiringan yang disyaratkan untuk pipa pembuangan air limbah dapur adalah 2 persen.

- Agar mudah dilakukan pengecekan, buat bak penangkap lemak sedekat mungkin dengan rumah. Semakin dekat jarak dengan sink, semakin kecil kemungkinan terjadi penggumpalan, karena minyak dan benda padat lain cepat tersaring.

Limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sink dapur dan floor drain kamar mandi disebut dengan greywater. Air limbah ini mencakup 60 persen dari seluruh limbah cair di rumah tangga. Dengan jumlah itu, alangkah baiknya limbah ini dapat dimanfaatkan ulang. Misalnya, dengan menggunakan air cucian sayur dan buah untuk menyiram tanaman. (Fransisca Wungu) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.