Tiga Trik agar Mudik Jadi Asyik!

Kompas.com - 27/07/2013, 12:41 WIB
Agar mudik menjadi asyik, salah satu langkah yang harus dilakukan memastikan rumah dalam keadaan terkunci. Rumah aman, Anda dapat bepergian dengan tenang. menon-law.comAgar mudik menjadi asyik, salah satu langkah yang harus dilakukan memastikan rumah dalam keadaan terkunci. Rumah aman, Anda dapat bepergian dengan tenang.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com —
Sebelum berangkat meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, sedianya Anda telah menyiapkan sederetan daftar panjang persiapan kebutuhan selama perjalanan. Akan tetapi, bagaimana dengan kondisi rumah sebelum keberangkatan? sudah siapkah Anda meninggalkan rumah?

Ada tiga langkah utama yang sebaiknya Anda perhatikan. Ketiga langkah tersebut seluruhnya berhubungan dengan keamanan rumah serta keselamatannya. Perhatikan hal-hal berikut ini:

Langkah pertama adalah menyiapkan rumah tanpa penghuni. Buatlah rumah Anda sehidup mungkin, dan tampak berpenghuni. Menyetop sementara langganan koran dan majalah, menitipkan hewan peliharaan, memasang lampu otomatis, serta mengabarkan pada kerabat yang Anda percaya adalah beberapa contoh persiapan tersebut.

Jika terbiasa menyimpan kunci cadangan di atas pintu, di bawah keset, atau di dalam sepatu, Anda juga perlu menyingkirkannya dahulu. Jangan biarkan tangan-tangan tidak bertanggung jawab memiliki akses ke dalam rumah Anda dengan mudah. 

Langkah kedua, pastikan keamanan rumah. Keamanan bisa Anda bagi dua menjadi "keamanan analog" dan "keamanan digital". Yang dimaksud dengan "keamanan analog" adalah standar keamanan, seperti mengunci pintu dan jendela rumah, mengunci pintu kamar, serta menggembok pagar. Menitipkan berbagai perhiasan dan barang berharga pada deposit bank, atau deposit pribadi juga sebaiknya tidak Anda lupakan.

Sementara itu, Anda juga bisa menambah "keamanan digital" untuk memastikan keamanan rumah. Pasanglah alarm gerak, atau kamera pengawas di dalam rumah yang terhubung dengan ponsel. Jangan lupa, hindari mengepos kegiatan, tujuan, dan lamanya liburan di media sosial, blog, atau mikroblog Anda tanpa ada penjaga di rumah.

Jika Anda akan bepergian dengan pesawat dan meninggalkan kendaraan di parkiran bandara, sebaiknya lepas GPS mobil Anda. Jangan biarkan GPS menuntun orang asing ke rumah kosong Anda.

Langkah ketiga adalah memastikan keselamatan rumah. Ketika Anda akan berangkat meninggalkan rumah, pastikan sambungan gas dalam keadaan baik. Tidak ada api kompor, lilin, obat nyamuk bakar, atau bakaran sampah yang masih menyala. Selain itu, cabut semua perlengkapan elektronik. Selain aman, cara ini juga relatif murah. Tidak ada "vampir energi" yang menyedot penggunaan listrik di rumah selama Anda bepergian.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X