Begini Tampilan Beda di Hari Raya....

Kompas.com - 24/07/2013, 17:57 WIB
Cara mudah mengubah tampilan interior rumah dengan mendekorasi ulang bedding, kertas dinding dan peletakan furnitur. housebeautifulCara mudah mengubah tampilan interior rumah dengan mendekorasi ulang bedding, kertas dinding dan peletakan furnitur.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

housebeautiful Hindari keseragaman tema dekorasi. Mengubah tema dekorasi akan membuat tampilan interior lebih baru dan segar.
KOMPAS.com - Bersiap-siap menyambut sanak saudara di rumah untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri terkadang membawa rasa gugup sekaligus semangat. Semangat, tentu karena sudah lama tidak bertemu dan begitu ingin melepas rindu. Sayangnya, pemilik rumah tentu bisa gugup karena merasa belum siap menyambut tamu.

Anda tidak perlu khawatir. Meski waktu berlalu dengan cepat, beberapa hal ini bisa Anda dilakukan dalam waktu kurang dari satu minggu. Dengan cara-cara ini, interior rumah akan  terasa "baru" dan segar.

1. Pamerkan koleksi Anda!  Desainer Beth Webb menampilkan sebuah ruang tamu di Atlanta. Di sana, terdapat sebuah meja besar dwifungsi. Meja tersebut sering juga digunakan sebagai meja makan. Kini, bisa juga   digunakan sebagai tempat "memamerkan" koleksi porselen China, guci-guci cantik beraneka bentuk dan ukuran.

2. Gunakan gorden sebagai pemisah ruangan. Meski sederhana, serta sering digunakan pada rumah-rumah di Indonesia, ternyata menggunakan "gorden interior" dapat memberikan aksen dan nuansa berbeda bagi interior rumah.

3. Hindari keseragaman, terutama jika Anda ingin memberikan "personifikasi" di kamar tidur. Cari bahan-bahan bedding (perlengkapan tidur, seperti bedcover, seprai, sarung bantal, dan sarung guling) yang senada, namun tidak sama. Bila perlu, pilih yang berbeda sama sekali, namun dapat menyampaikan satu kesatuan. Contohnya, Anda bisa memberikan kesan "bahari" pada dekorasi kamar bernuansa merah, putih, dan biru. Padukan seprai putih, bedcover beraksen mawar, dan sarung bantal garis-garis biru dan putih.

4. Kejutkan tamu Anda dengan memajang benda-benda antik dan cantik di lokasi-lokasi tidak biasa, seperti kamar mandi. Anda bisa menggunakan botol-botol dan kaca patri laboratorium berlabel antik untuk menyimpan sabun, menempatkan lampu antik, atau bingkai kaca antik.

5. Cobalah sempatkan waktu untuk mengubah warna rangka furnitur. Hal ini efektif jika Anda bosan dengan perabot kayu di rumah, namun belum memiliki cukup banyak biaya untuk membeli furnitur baru. Ganti dengan warna kayu yang lebih tua, lebih merah, atau bahkan ganti dengan warna putih agar terkesan segar dan modern.

Selain mengubah warna rangka furnitur, Anda juga bisa mengganti kain sofa. Gunakan gorden tidak terpakai atau beli bahan khusus sofa. Tentu, cara ini lebih murah ketimbang membeli sofa baru.

6. Jangan biarkan dinding rumah Anda kosong. Jika Anda bukan penggemar foto, gunakan piring untuk menghias dinding rumah. Atur sedemikian rupa agar piring-piring tersebut "menyatu" dan membentuk satu kesatuan karya seni di dinding rumah.

7. Buatlah dekorasi bertema. Manfaatkan stereotipe yang beredar di masyarakat untuk mengubah tampilan rumah. Contohnya, Anda bisa membuat dekorasi bertema Maroko dengan hanya memajang lampion-lampion atau karpet-karpet berwarna mencolok. Atau, Anda juga bisa mendekor rumah dengan gaya Eropa. Pajang wall art bergambar Menara Eiffel, Istana Buckingham, Big Ben, atau Kincir Angin.

8. Geser furnitur Anda. Selain membuat rumah terasa "baru", Anda juga bisa membuat kegiatan bercengkrama dengan keluarga besar lebih berkesan dan lebih akrab dengan pengaturan furnitur "mengambang". Maksudnya, buatlah furnitur berkumpul di tengah ruangan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X