Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan "Ruang Cuci" Biasa....

Kompas.com - 23/07/2013, 22:38 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur dan kamar mandi tentu penting artinya bagi penghuni rumah. Namun, kedua ruangan itu berbeda halnya dengan ruang-ruang "tambahan" lain seperti ruang cuci. Karena dipandang kurang perlu, banyak orang menggabungkan penggunaan ruang-ruang lain untuk mencuci.

Bagi mereka yang mencuci baju dengan tangan, kamar mandi dapat "beralih fungsi" sementara menjadi ruang cuci. Di sisi lain, bagi mereka yang menggunakan mesin cuci, umumnya ruang-ruang seperti garasi dapat menjadi "target" ruang dwifungsi. Garasi tidak lagi hanya digunakan sebagai ruang menyimpan kendaraan, namun juga tempat mencuci.

Sebenarnya, tak ada salahnya menggabungkan dua fungsi berbeda dalam satu ruangan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, garasi dan ruang cuci sering digabung bersama. Namun, jika diperhatikan lebih detil, sebenarnya ruang cuci pun membutuhkan ruang khusus seperti ruang-ruang lainnya. Apalagi, jika jumlah cucian harian cukup banyak.

www.houzz.com Namun demikian, pastikan Anda menggunakan ubin untuk menutupi area mencuci Anda. Tidak perlu seluruh ruangan, tapi cukup pada bagian lantai dan sebagian dindingnya. Ini berguna untuk memudahkan Anda membersihkan sisa air dan sabun usai mencuci.
Penggabungan kedua fungsi ruangan itu tentu sah-sah saja. Tapi, tak ada salahnya mencoba mengedepankan "kepentingan" ruang cuci terlebih dahulu.

Tentunya, jika secara khusus membuat ruang cuci di rumah, Anda sudah memasukkan berbagai perlengkapan perawatan baju di dalamnya, mulai mesin cuci sampai urusan sabun dan pelembut pakaian. Kemungkinan besar, pada tahap ini Anda mulai merasakan mudahnya jika semua keperluan berada di satu tempat.

Sebenarnya, selain keperluan mencuci tersebut, Anda juga bisa mengisi ruang cuci Anda dengan berbagai hal lain, misalnya sebagai "gudang" penyimpanan makanan beku. Anda dapat meletakkan lemari es di ruangan ini. 

Kedua, bagi Anda yang gemar menjahit, Anda bisa menggabungkan ruang cuci dengan ruang menjahit. Dengan memiliki ruang khusus menjahit, Anda tidak perlu membongkar dan membereskan perlengkapan menjahit Anda seusai beraktifitas.

Adapun cara ketiga berikut ini cocok bagi penggemar anjing. Jika memiliki anjing peliharaan di rumah, Anda bisa membuat semacam tub untuk memandikannya di ruang cuci. Selain bisa digunakan untuk memandikan anjing, tub tersebut tentunya juga bisa Anda manfaatkan ketika mencuci.

Namun demikian, pastikan Anda menggunakan ubin untuk menutupi area mencuci Anda. Tidak perlu seluruh ruangan, tapi cukup pada bagian lantai dan sebagian dindingnya. Ini berguna untuk memudahkan Anda membersihkan sisa air dan sabun usai mencuci.

Selain menggabungkan beberapa fungsi tambahan pada ruang cuci, Anda juga bisa membuat ruang cuci lebih nyaman bagi tubuh Anda. Jika Anda memiliki mesin cuci "bukaan" samping, buatlah lantai tempat menaruh mesin cuci lebih tinggi dari permukaan lantai. Fungsinya agar Anda tidak perlu sering membungkuk.

Kedua, pastikan ada saluran pembuangan air di lantai (floor drain). Tidak hanya berguna jika sewaktu-waktu air di ruang cuci Anda meluap, namun juga pas untuk kegiatan bersih-bersih sehari-hari. Bila perlu, Anda juga bisa menaruh meja setrika dan tempat menjemur pakaian di ruang ini.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com