Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata... "Peta" Kawasan Perumahan Favorit Belum Berubah!

Kompas.com - 17/07/2013, 13:19 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — CEO Propertykita.com Fenny Liana mengungkapkan, saat ini kawasan yang paling banyak diminati pencari properti tidak berubah dari sebelum-sebelumnya. Kawasan Cibubur masih menduduki peringkat pertama lokasi paling dicari di Jabodetabek. Disusul kawasan Kelapa Gading, Bumi Serpong Damai (BSD), dan Bintaro.

Data pengunjung situs periode Januari-Juni 2013, kawasan Cibubur dicari 1.464.663 pengunjung situs. Sementara  kawasan Kelapa Gading dikunjungi 857.467 pengunjung, kawasan BSD City dikunjungi 639.520 pengunjung, dan Harapan Indah dicari 442.412 pengunjung. Adapun Bintaro dikunjungi 413.642 pengunjung.

"Supply dan demand di kawasan Cibubur di tempat kami begitu tinggi," ujar Fenny di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Mengenai harga, 3.805.437 pengunjung situs mencari rumah dengan harga di atas Rp 500 juta. Sementara 2.426.234 pengunjung situs mencari harga rumah di bawah Rp 500 juta.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghada mengatakan, hal itu merupakan fenomena yang wajar. Ali menceritakan, tiga tahun lalu kawasan BSD mengalami kenaikan harga dan pertumbuhan sektor properti tertinggi ketimbang Pantai Indah Kapuk dan Cibubur. Namun, ketika BSD naik terlalu tinggi, konsumen mulai "melebar" ke daerah-daerah Sawangan dan Bintaro. Sementara itu, dari kawasan Cibubur akan "melebar" ke Cileungsi.

Mengenai data dari Propertykita.com, Ali mengatakan, data tersebut tampaknya merepresentasi pasar. Pasalnya, kawasan Sentul, Cibubur, dekat dengan Jakarta.

"Aksesnya ada meskipun macet, dan harga rumahnya masih ada yang menengah. Beda dengan BSD," kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com