Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Perbankan Tak Harus Kaku...

Kompas.com - 12/07/2013, 15:41 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com
— Kantor-kantor penyedia layanan finansial umumnya memiliki penataan ruang yang sama dan cenderung kaku. Intinya, perusahaan ingin ruang yang terkesan terbuka, tetapi aman dan nyaman bagi nasabahnya. Tampaknya, bank di Italia ini memiliki pakem berbeda dari bank-bank di Indonesia.

Bank dari Italia, ChiantiBanca, baru saja membuka cabang baru di Tuscany. Desain interior bank tersebut tampak lebih mirip sebuah restoran ketimbang bank. Melalui foto-foto yang dirilis   Dezeen, tampak bahwa bank tersebut dipenuhi meja mungil serta dua hingga empat tempat duduk layaknya restoran.

Desain unik untuk sebuah bank ini merupakan hasil kerja sama antara studio desain asal Italia DINN! dan agensi branding Crea International. Keduanya menciptakan konsep citra pengalaman restoran perbankan untuk mengintegrasikan pelayanan nasabah ChiantiBanca dengan lingkungan lokal yang penuh dengan bar dan restoran.

Konsep desain ini merupakan metafora yang jelas bagi atmosfer tipikal Chianti dan layanan ramah mereka. Di bank ini, nasabah tidak akan menemukan bilik kasir, meja panjang berisi brosur, formulir, atau bahkan ATM. Nasabah akan "disapa" oleh meja tinggi seperti meja reservasi restoran. Meja tersebut berisi brosur bank.

Sementara itu, jika ingin mengambil uang dengan cepat, bank ini menawarkan video teller machine (VTM). Bila nasabah membutuhkan informasi tambahan, dinding-dinding layar sentuh akan menampilkan informasi dan iklan.

Konsep yang tidak biasa ini mendapat restu dari CEO ChiantiBanca Andrea Bianchi. "Desain layanan inovatif ini membuktikan ChiantiBanca mampu menyediakan skema urban dan bidang finansial pusat kota Florence sebagai sebuah alternatif. Mereka dapat merasakannya dan kembali ke sini," ujar Andrea.

Bank unik ini pertama buka di cabang Piazza Duomo dan Kota Poggibonsi. Cabang Fontebecci dan Monteriggioni juga telah dibuka. Setiap cabang akan memiliki identitas serupa berupa palet warna dan material interior, termasuk kayu dan warna-warna coklat dan hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com