Kompas.com - 09/07/2013, 15:26 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com -
Bercocok tanam di dalam pot gantung memang mengasyikkan. Namun, tentu saja, butuh kesabaran, kerajinan dan waktu luang. Setidaknya, pemilik harus menyiram tanamannya secara teratur dan tidak lupa memberinya pupuk.

Buat Anda yang sibuk, namun hobi bercocok tanam, inovasi Maria Bujalska berikut ini bisa menjadi solusi. Ia menciptakan pot gantung yang diberi nama "crystal planter". Pot ini dapat menyediakan ruang bertumbuh yang unik bagi tanaman.

www.designboom.com Larutan

"Crystal Planter" sedianya merupakan hasil tesis yang dikembangkan desainer asal San Fransisco, Amerika Serikat, itu. Bujalska menciptakan "crystal planter" sebagai wadah yang memungkinkan  tanaman menajdi bagian terintegrasi. Tujuannya, agar wadah dan tanaman dapat saling terhubung dan tidak terpisahkan. Ketika ada tanaman di dalam wadah tersebut, maka wadah akan ikut "tumbuh" dengan tanaman tersebut.

Wadah tanaman ini terbuat dari kain "felt" pabrikan yang cukup tebal. Kain ini dijahit terlebih dahulu menjadi kantung, kemudian diberi uap untuk memberikan bentuk melengkungnya. Setelah itu, sebagian kantung dimasukkan ke dalam larutan ammonium phosphate yang akan mengkristal. Setiap kantung yang melewati proses serupa dapat memiliki hasil akhir berbeda, sesuai dengan "karakteristik" bahan pembentuknya.

Ammonium phosphate digunakan sebagai salah satu bahan pembuat pupuk. Unsur tersebut merupakan sumber nitrogen.

Setelah selesai, pemilik dapat menempatkan media tanam dan tanamannya ke dalam "Crystal Planter". Larutan yang "tertinggal" pada wadah akan berperan sebagai pupuk bagi tanaman. Seiring waktu, akar tanaman akan tumbuh ke arah wadah. Proses yang berjalan terus-menerus ini akan menciptakan "rumah" bagi tanaman tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.