9 Langkah Menuju Perolehan KPR

Kompas.com - 07/07/2013, 11:39 WIB
Pastikan Anda membeli properti dari pengembang yang reputasinya baik dan mempunyai track record bagus alias tidak pernah gagal dalam membangun proyeknya.
www.shutterstock.comPastikan Anda membeli properti dari pengembang yang reputasinya baik dan mempunyai track record bagus alias tidak pernah gagal dalam membangun proyeknya.
EditorLatief
KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) adalah salah satu cara paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Dengan fasilitas KPR pembeli rumah cukup menyediakan dana sendiri sebesar 20 persen -3 0 persen dari harga rumah, sementara sisanya sebesar 80 persen ditalangi oleh bank pemberi KPR.

Namun, tak semua orang dengan mudahnya memperoleh kredit tersebut. Bagaimana sebetulnya cara mendapatkan fasilitas KPR itu? Berikut 9 langkah membeli rumah melalui fasilitas KPR yang bisa Anda ikuti:

1. Pilih Properti  

Pastikan Anda membeli properti dari pengembang yang reputasinya baik dan mempunyai track record bagus alias tidak pernah gagal dalam membangun proyeknya.

2. Tentukan Bank KPR

Bila Anda membeli properti baru dari pengembang, biasaya sudah ada kerjasama antara pengembang dengan bank-bank tertentu, seperti Bank BTN, Mandiri, BNI, BCA, BII, ANZ Panin, CIMB Niaga, NISP, Danamon, UOB Indonesia (Bank Buana), Bank Permata, Bank Bukopin, Bank DKI, ICBC Indonesia, dan perbankan Syariah.

3. Form Pemesanan dan Booking Fee 

Di dalam form pemesanan unit, pastikan jadwal pembayaran booking fee dan pelunasan uang muka sudah jelas dan disetujui kedua belah pihak.

4. Isi Form Pengajuan Kredit dan Lengkapi Dokumen KPR

Dokumen standarnya terdiri dari:
-Usia tidak lebih dari 50 tahun ketika mengajukan permohonan KPR.
-Fotokopi KTP pemohon.
-Surat nikah/cerai, bila sudah menikah atau bercerai.
-Kartu keluarga.
-Surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X