Lima Cara Bikin Tidur Nyaman dan Terjaga Tepat Waktu!

Kompas.com - 24/06/2013, 17:54 WIB
Tempat tidur yang nyaman adalah yang dapat memberikan kualitas pada waktu istirahat Anda. www.archartifacts.comTempat tidur yang nyaman adalah yang dapat memberikan kualitas pada waktu istirahat Anda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Dekorasi yang membuat Anda tidur dengan nyaman di malam hari memang penting. Pasalnya, istirahat yang cukup dan berkualitas berpengaruh terhadap produktivitas Anda sepanjang hari. Namun, terlalu nyaman juga dapat membuat Anda bangun terlalu siang, dan menunda semua pekerjaan.

Pastikan Anda mengikuti lima saran ini dalam mendekor kamar tidur. Selain tidur dengan nyaman,  juga dapat bangun tepat waktu.

Pertama, pilihlah warna kamar tidur yang dapat memantulkan cahaya dengan baik. Umumnya, warna-warna ini "membahagiakan" dan "menyenangkan". Cobalah warna kuning lembut, krem, merah muda, atau warna-warna pastel lainnya. Warna-warna ini dapat "menyapa" Anda lewat pantulan sinar matahari di pagi hari dengan lembut.

Kedua, pastikan kamar Anda memiliki akses langsung ke sinar matahari. Jangan biarkan kamar tidur tidak memiliki jendela, atau hanya memiliki sedikit jendela. Semakin banyak jendela menghadap tempat tidur, semakin baik. Namun, pastikan juga pada malam hari jendela-jendela tersebut tidak membuat Anda justru terbangun semalaman.

Pilihlah gorden yang paling sesuai. Bila perlu, Anda juga bisa memasang gorden elektronik dengan pengatur waktu agar jendela dapat memasukkan sinar matahari pada waktu yang tepat.

Ketiga, kreatiflah dalam menempatkan alarm. Buat mata Anda siaga dan terjaga dengan seketika ketika mematikan alarm di pagi hari. Caranya, letakkan alarm di dekat jendela, lukisan, atau kaca yang mampu "membangunkan" Anda.

Keempat, bagi Anda yang menginginkan kemewahan di kamar tidur,  bisa "membuat alarm" dengan cara ini. Buatlah dapur mungil atau "mini pantry" di kamar tidur, dan pastikan pembuat kopi (coffee maker) Anda menyala tepat di pagi hari. Keharuman kopi tentu mampu membangunkan Anda dengan perasaan nyaman. Setelah bangun, Anda bisa segera menyeruput kopi hangat di pagi hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, sediakan bacaan di dekat tempat tidur. Membaca merupakan cara efektif "membangunkan" pikiran Anda di pagi hari. Selain koran, majalah, tab, atau telepon cerdas, Anda tentunya juga membutuhkan nightstand atau meja mungil di sekitar tempat tidur Anda.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X