Upsss...Masterplan Lapangan Wimbledon Terkuak!

Kompas.com - 23/06/2013, 11:23 WIB
Setidaknya, butuh 10 hingga 20 tahun untuk merampungkan pengembangan keseluruhan kompleks lapangan. Saat ini, proposal Grimshaw masih terus dalam proses www.dezeen.comSetidaknya, butuh 10 hingga 20 tahun untuk merampungkan pengembangan keseluruhan kompleks lapangan. Saat ini, proposal Grimshaw masih terus dalam proses "penggodokkan".
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Perusahaan arsitektur asal London, Grimshaw, baru saja menguak rencana cetak biru lapangan tempat digelarnya Kejuaraan Tenis Wimbledon. Rencana tersebut meliputi rancangan mutakhir serta solusi yang mampu memberikan kenyamanan lebih, baik bagi atlet maupun para penonton.

Menurut majalah online Dezeen, proposal yang diajukan oleh Grimshaw atas All England Lawn Tennis Club itu melingkupi pembangunan sebuah atap melingkar pada Lapangan Utama (No 1 Court). Dengan adanya atap tersebut, pertandingan dapat terus berlangsung meski cuaca buruk. Selain itu, proposal tersebut juga berisi rencana penambahan tiga lapangan rumput.

www.dezeen.com Setidaknya, butuh 10 hingga 20 tahun untuk merampungkan pengembangan keseluruhan kompleks lapangan. Saat ini, proposal Grimshaw masih terus dalam proses

Partner Grimshaw, Kirsten Lees, berbicara mengenai keinginan Grimshaw terhadap lokasi penyelenggaraan Wimbledon tersebut. Ia mengatakan, mempertahankan status "kejutaan" sebagai turnamen tenis utama di dunia merupakan landasan dari Master Plan Wimbledon.

"Proposal kami ingin meningkatkan kualitas pengalaman bagi semua orang, dan menyediakan inovasi serta solusi berkualitas tinggi untuk memenuhi tantangan yang diberikan oleh situs cantik ini," ujar Lees.

Sementara itu, Grimshaw mengaku tidak akan bekerja sendirian. Perusahaan arsitektur lanskap Grant Associates telah menciptakan rancangan lanskap untuk rencana pembangunan tersebut. Rancangan itu sudah termasuk peningkatan lanskap di jalur pejalan kaki, tanaman-tanaman hias, dinding hijau, tanaman pergola, lantai kreasi di jalur pejalan kaki, area pameran, serta peningkatan penanaman pohon dan taman bertema. Rencana ini akan digunakan sebagai cetak biru pengembangan kembali situs tersebut.

Namun, tentu saja, rencana tersebut tidak akan rampung hanya dalam waktu singkat. Setidaknya, butuh 10 hingga 20 tahun untuk merampungkan pengembangan keseluruhan kompleks lapangan. Saat ini, proposal Grimshaw masih terus dalam proses "penggodokan". Berbagai studi, perbaikan, dan konsultasi terus dilakukan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X