Kenyamanan di antara Batu, Kayu, dan Daun Kelapa....

Kompas.com - 21/06/2013, 15:19 WIB
Uniknya, perusahaan tersebut tidak hanya menawarkan kenyamanan bagi para tamu hotel, namun mereka juga menawarkan minimnya dampak lingkungan dari proses pengerjaan hotel. www.dezeen.comUniknya, perusahaan tersebut tidak hanya menawarkan kenyamanan bagi para tamu hotel, namun mereka juga menawarkan minimnya dampak lingkungan dari proses pengerjaan hotel.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
VIETNAM, KOMPAS.com - Penginapan dengan konsep cottage, 9 Spa, di Nha Trang, Vietnam, memiliki sembilan bangunan penginapan yang terhubung dalam satu atap besar. Selain bangunan penginapan, kompleks tersebut juga dilengkapi dengan spa, kolam lumpur dan mineral, bar, dan restoran. Batu, kayu, dan daun kelapa menjadi ciri khas hotel resor di tersebut.

www.dezeen.com Hangatnya udara tropis, cahaya matahari menyelinap di antara dedaunan, serta percikan air dari kolam renang menjadi gambaran kenyamanan yang ditawarkan oleh perusahaan arsitektur a21studio ketika mendesain resor ini.

Hangatnya udara tropis, cahaya matahari menyelinap di antara dedaunan, serta percikan air dari kolam renang menjadi gambaran kenyamanan yang ditawarkan oleh perusahaan arsitektur a21studio ketika mendesain resor ini. Uniknya, perusahaan tersebut tidak hanya menawarkan kenyamanan bagi para tamu hotel, namun mereka juga menawarkan minimnya dampak lingkungan dari proses pengerjaan hotel.

www.dezeen.com Uniknya, masing-masing penginapan dibuat menghadap ke arah mata angin berbeda. Meski demikian, setiap kabin memiliki tata ruang yang sama.

Perusahaan tersebut menggunakan teknik membangun yang mengadopsi kearifan lokal. Mereka menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dari sekeliling situs, serta menggunakan kembali barang-barang tidak terpakai. Selain itu, mereka juga mempekerjakan 80 penduduk sekitar yang berprofesi sebagai tukang bangunan, tukang kayu, dan pengrajin dalam proses pembuatannya.

Pembangunan resor ini memakan waktu selama sembilan bulan. Selama itu, para pekerja membuat bangunan dengan cara menyusun bebatuan sebagai dinding, mengelaborasikannya dengan rangka kayu, serta memberikan ornamen dan penutup-penutup bangunan dari daun kelapa. Bagian atap dibuat dengan menggunakan teknik tanggam dan tenon.

www.dezeen.com Uniknya, masing-masing penginapan dibuat menghadap ke arah mata angin berbeda. Meski demikian, setiap kabin memiliki tata ruang yang sama. Ruang keluarga menempati salah satu sisi, sementara toilet dan ruang cuci berada di bagian belakang.

Uniknya, masing-masing penginapan dibuat menghadap ke arah mata angin berbeda. Meski demikian, setiap kabin memiliki tata ruang yang sama. Ruang keluarga menempati salah satu sisi, sementara toilet dan ruang cuci berada di bagian belakang. Bagian depannya "dihiasi" oleh kolam renang.

Desain kompleks seluas 1080 meter persegi dengan bangunan seluas 450 m2 ini juga dibuat khusus agar air hujan dapat turun dengan mudah tanpa mengganggu pengunjung. Meski memiliki atap daun, pengunjung tidak perlu khawatir akan kebocoran karena atap tersebut terbukti tahan bocor. Pasalnya, atapnya dibuat dari tiga lapisan, satu lapiran terbuat dari struktur kayu setebal 20 mm, lapisan anti air, dan daun kelapa setebal 30 mm.

"Atap kayu dibuat dengan cara tradisional, tanggam dan tenon," terang sang arsitek.

"Sendi-sendi ini mudah perakitannya dan saling terpaut dengan kuat, rapih, dan tidak mudah goyang," ujarnya.

Memang, bila dari sudut pandang geografis dan sosiologis, Vietnam tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia. Maka, keindahan spa yang ada di Nha Trang, Vietnam, ini sebenarnya tidak mustahil dimiliki di negara ini.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X