Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi... China Punya Jembatan Sepanjang 6,2 Mil!

Kompas.com - 18/06/2013, 11:40 WIB
Latief

Penulis

Sumber
KOMPAS.com - Jembatan kabel multi-tiang terpanjang dan terluas resmi dibuka di China. Jembatan raksasa ini dikerjakan selama 7 tahun. 

Jiaxing-Shaoxing Sea Bridge, nama jembatan itu, membentang sepanjang 6.2 mil atau 10 kilometer di atas Teluk Hangzhou, di Shaoxing, China. Jembatan ini didukung dengan dua menara kabel setinggi 745 kaki dan memiliki pondasi utama yang meregang selebar 2.560 kaki.

www.dailymail.co.uk Jembatan enam jalur ini dibuka untuk lalu lintas pada 28 Mei. Namun, penggunaan resminya baru akan dibuka pada Senin nanti.

Jembatan enam jalur ini dibuka untuk lalu lintas pada 28 Mei. Namun, penggunaan resminya baru akan dibuka pada Senin nanti.

Jiaxing-Shaoxing Sea Bridge dirancang untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi, dengan laju di atas 60 mph. Pejalan kaki, pengendara motor dan mobil dengan kecepatan maksimum di bawah 45 mph tidak diizinkan melintasinya.

www.dailymail.co.uk Rute jalan jembatan ini dimulai dari daerah Maqing Road Haicang District di Xiamen dan berakhir di Houzhai, Longhai, Zhangzhou.

Adapun rute jalan jembatan ini dimulai dari daerah Maqing Road Haicang District di Xiamen dan berakhir di Houzhai, Longhai, Zhangzhou. Dengan satu tumpuan menara kabel untuk menahan dek jembatan, Jiaxing-Shaoxing Sea Bridge bisa dikatakan mirip dengan jembatan gantung. Hanya saja, pembangunannya berbeda.

www.dailymail.co.uk Jiaxing-Shaoxing Sea Bridge dirancang untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi, dengan laju di atas 60 mph. Pejalan kaki, pengendara motor dan mobil dengan kecepatan maksimum di bawah 45 mph tidak diizinkan melintasinya.

Sebelum pembangunan jembatan Jiaxing-Shaoxing, China sendiri sudah memiliki tiga jembatan yang masuk dalam daftar 10 besar jembatan kabel terbesar di dunia. Posisi teratas dipegang oleh The Russky Bridge, di Vladivostok, Rusia, kemudian Jembatan Sutong Cina di Suzhou, dan Nantong di tempat kedua.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com