Varanasi, Proyek Mewarisi Sejarah Sutra di India

Kompas.com - 18/06/2013, 10:49 WIB
Lokasi pengembangan fasilitas pemintal sutra di Varanasi, India. www.dezeen.comLokasi pengembangan fasilitas pemintal sutra di Varanasi, India.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Pembangunan sarana dan prasarana tidak hanya diperlukan di kota besar dan pusat-pusat metropolitan. Kota-kota pendukung pusat metropolitan juga berhak mendapat perhatian. Inilah yang tampaknya menjadi latar belakang dari langkah David Adjaye mendesain fasilitas pemintal benang sutra di Varanasi, India. 

David mendesain bangunan yang akan menyediakan ruang bagi pelatihan pengrajin sutra, serta kelas-kelas pengembangan bisnis. Fasilitas ini juga akan menyediakan air bersih, energi ramah lingkungan, dan area komunal untuk memperbaiki kualitas hidup penduduk setempat.

Proyek ini dipelopori oleh merk fesyen mahal dan terkenal, Maiyet. Maiyet bekerja sama dengan organisasi nirlaba Nest, serta David Adjaye.

"Proyek ini merupakan kombinasi luar biasa akan konteks, lokasi, dan tradisi. Ini melambangkan penghargaan dari hasil kerajinan luar biasa yang terhubung dengan sejarah Varanasi: kekayaan budaya, kepercayaan, dan arsitektur," ujar Adjaye.

"Bangunan ini memiliki tujuan untuk mengaitkan dirinya dengan warisan turun-temurun, sembari menawarkan ruang baru bagi pengrajin yang akan menyediakan kebutuhan ruang untuk komunitas yang lebih luas," lanjutnya.

Sementara itu, pendiri dan CEO Maiyet Paul van Zyl percaya bahwa, "Fasilitas menenun sutra ini akan membantu menjaga keberlangsungan kebudayaan dan membuat komunitas mendapatkan sumber daya yang cukup untuk hidup bermartabat."

Fasilitas ini, menurut Paul, akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pengrajin serta menjamin keberlangsungan generasi pengrajin berikutnya. Majalah online De Zeen hanya mempublikasikan rencana ini berikut gambar-gambar hasil rendering. Sayangnya, rencana serta detil cetak biru masih belum dirilis oleh Maiyet.


Sumber: www.dezeen.com



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X