Nuansa Modern di Ruang Keluarga? Itu Urusan Kecil!

Kompas.com - 17/06/2013, 11:38 WIB
Kehadiran floorlamp untuk menciptakan nuansa modern di ruang keluarga. www.houzz.comKehadiran floorlamp untuk menciptakan nuansa modern di ruang keluarga.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Menghadirkan ruang keluarga modern yang cantik sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu berkomitmen untuk mentaati tiga faktor utamanya, meliputi pilihan gaya, warna, dan aliran visual dalam ruangan. 

Pilihan gaya

Untuk menciptakan rumah berkonsep modern tentu sebaiknya Anda mengaplikasikan tata interior yang bernuansa modern pula. Namun, jangan salah menilai, bahwa nuansa modern harus selalu dengan barang-barang baru.

Pilihan modern-klasik, misalnya. Anda hanya perlu berkreasi menempatkan barang-barang yang sudah ada dan bernuansa vintage dengan rancangan baru dekorasi interior di ruang keluarga Anda.

Soal pilihan gaya, Anda pun tidak perlu hanya terfokus pada furnitur, melainkan juga pilihan tirai jendela rumah Anda. Anda bisa memilih tirai seperti horizontal blind atau vertical blind.

www.houzz.com Nuansa modern melalui pilihan warna.

Pilihan warna

Ruangan akan terasa dengan penataan warna yang tepat. Untuk itu, perhatian terhadap penggunaan warna tidak hanya pada cat dinding, namun juga karpet, perabot, dan aksesoris. Salah-salah, warna hanya akan membuat ruangan di rumah seperti "kapal pecah".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pun, jangan lupakan bunga atau buku-buku koleksi Anda di rumah. Dengan penataan tepat, koleksi buku Anda yang "berwarna-warni" bisa menjadi tampilan yang indah. 

Aliran visual

Usahakan membuat ruang terasa "mengalir" dengan menggiring mata pada beberapa titik dan membiarkan bagian lainnya menjadi pelengkap. Anda bisa menyediakan sesuatu yang dapat menjadi pusat perhatian (focal point) di ruangan tersebut, misalnya pemakaian jendela besar atau coffee table yang unik.

Jangan lupa, sediakan perabot yang membuat Anda atau tamu Anda betah berada di ruangan tersebut. Pastikan Anda menyertakan sofa nyaman atau permukaan empuk lainnya. Pastikan, Anda menyeimbangkan isi vertikal ruangan Anda, seperti memanfaatkan lampu lantai (floorlamp) dan rak yang cukup tinggi untuk menggiring mata lebih ke atas.

www.houzz.com Nuansa modern di ruang keluarga.

Sekali lagi, Anda tak perlu membeli barang-barang untuk menciptakan nuansa modern. Karena, Anda juga bisa menempatkan barang-barang unik, personal, alami, dan tak terpakai setiap hari, seperti majalah, buku, sepatu, atau kacamata. Dengan demikian, Anda selalu bisa memastikan, bahwa akan selalu ada elemen yang membuat ruangan di rumah Anda terasa hidup dan menyenangkan.

(Sumber: www.realsimple.com & Idea)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.