Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lilin, Lebih dari Sekadar Teman Makan Malam

Kompas.com - 15/06/2013, 16:29 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz.com


KOMPAS.com - Hanya dengan memberikan dekorasi yang tepat, rumah Anda dapat tampak lebih "gaya". Salah satu ornamen dekorasi yang dapat memberikan nuansa tersebut adalah sekelompok lilin. Cobalah sendiri menempatkan lilin sebagai "centerpiece" di meja makan atau di ruang tamu Anda. Anda akan melihat perbedaan di ruangan tersebut. Berikut ini beberapa ide dekorasi menggunakan sekelompok lilin yang diambil dari Houzz.com.

Dekorasi ruangan bertema modern umumnya akan tampak "dingin" dan kosong. Selain karena minimnya perabotan, ruangan-ruangan dengan dekorasi modern tersebut umumnya menggunakan warna-warna "bisu", seperti putih, krem, atau kuning gading. Berikan efek berkilau di ruangan dengan menambahkan unsur metalik. Gunakan dudukan lilin yang terbuat dari kuningan, perak, atau tembaga.

Selain mencerahkan ruangan, lilin-lilin juga dapat menjadi hiasan meja makan cantik. Jaga keseimbangan penataan pada meja makan tersebut. Hindari menaruh terlalu banyak, atau justeru terlalu sedikit lilin. Sekitar tiga hingga lima lilin berbagai ukuran akan tampil cantik di tengah-tengah meja, dengan pengaturan berjejer atau berkumpul.

Tidak hanya membuat ruangan terasa lebih "ramai". Untuk ruangan yang penuh dengan aksen kayu, misalnya, menempatkan lilin dengan dudukan berwarna putih atau krem. Warna tempat lilin sebaiknya senada dengan warna dinding atau lis di antara ornamen kayu yang memenuhi ruangan. Dengan cara ini, Anda memberikan konsistensi pada ruangan.

Untuk ruangan yang berukuran relatif kecil, cari dan pilihlah dudukan lilin bening dari kaca. Dudukan lilin semacam ini juga akan tampil cantik melengkapi ruangan yang dipenuhi dengan nuansa warna-warna gelap.

Namun, berhati-hatilah. Beberapa lilin mungkin merupakan ornamen yang cantik. Sayangnya, jika ditinggalkan tanpa pengawasan lilin akan sangat berbahaya. Berikut ini tips untuk Anda agar tetap aman memajang lilin di rumah.

Pertama, selalu melakukan pengecekan dan melihat lilin-lilin menyala tersebut. Jika ingin meninggalkan ruangan, sebaiknya Anda memadamkannya.

Kedua, tempatkan lilin cukup jauh dari benda-benda mudah terbakar seperti gorden, furnitur, dan buku.

Ketiga, tempatkan lilin pada permukaan datar dan stabil. Pastikan permukaan tersebut tidak mudah terbakar dan rusak karena lelehan lilin.

Keempat, agar dapat menyala, api membutuhkan udara. Maka, jika menyalakan banyak lilin di ruangan berukuran kecil, udara akan "habis". Pastikan Anda menyalakan lilin di ruangan dengan aliran udara yang baik.

Kelima, jaga jarak antar lilin. Berikan ruang berukuran 8 cm di antara lilin. Tujuannya agar lilin hanya meleleh karena api yang ada padanya, dan tidak dari lilin lain.

Terakhir, pastikan Anda menjauhkan lilin dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com