Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perencanaan Baik, Kamar Mandi Nyaman dan Apik!

Kompas.com - 14/06/2013, 15:22 WIB
KOMPAS.com - Ada baiknya Anda merencanakan seluruh proses membuat kamar mandi dengan seksama. Ini perlu, karena sangat terkait kenyamanan dan seluruh elemen yang berperan penting dalam mengakomodasi aktivitas dalam ruang.

Sebelum Anda menjebol dinding, memasang ubin atau membeli sesuatu, Anda perlu merencanakan kamar mandi di kertas dengan menggunakan grafik berskala. Hal ini akan memecahkan masalah yang berpotensi muncul, misalnya ketika Anda membeli bath tub yang terlalu besar untuk ruangan kamar mandi Anda. Atau, menghindari kemungkinan ternyata Anda tidak bisa membuka pintu kamar mandi ketika semuanya telah terpasang.

Nah, bagaimana sebaiknya merencanakan rancangan kamar mandi Anda? Anda bisa memulainya dengan mengukur semua dinding kamar mandi. Pindahkan semua dimensi pada selembar kertas grafik, lalu bekerjalah dengan skala.

Bila Anda telah menggambarkan garis bentuk kamar mandi yang menggambarkan bentuk dan ukurannya, tandai perlengkapan dalam ruangan yang tidak dapat dipindahkan, seperti jendela dan pintu. Namun, ingatlah untuk menambahkan ruang untuk membuka pintu. Selain, penting juga mempertimbangkan apakah pintu dapat ditata ulang sehingga dapat dibuka dengan arah sebaliknya dan memberikan sedikit tambahan ruang.

Tandai jalur pipa dan listrik, termasuk layout pipa air, saluran pembuangan, ventilasi, kabel dan tombol lampu. Pun, tandai langit-langit yang landai bila perlu.

Tentukan layout ideal untuk semua perlengkapan Anda. Pabrik biasanya menyertakan dimensi produk mereka di brosur sehingga Anda dapat merencanakan semua perlengkapan dengan tepat sesuai ukurannya masing-masing. Pastikan Anda memberikan ruang cukup untuk bergerak bebas. Juga ruang Anda bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Cobalah beberapa konfigurasi sebelum menyelesaikan perencanaan Anda.

Tandai perlengkapan tambahan, misalnya rel handuk, tempat penyimpanan, tempat tisu, rak dan benda-benda permanen lain. Pastikan Anda memberikan cukup ruang di sekitar lemari dan tempat rias agar pintu dan laci dapat terbuka secara sempurna. Selain itu, pastikan ada tempat yang memadai di dekat wastafel dan bak mandi untuk sabun, sikat gigi, sampo, sabun cair dan toiletries lain.

Pikirkan pergerakan Anda di sekitar ruangan. Tanyakan pada diri Anda apakah semuanya diletakkan untuk kenyamanan Anda? Apakah ruangan mudah dan nyaman digunakan? Apakah aman? Apakah akan cocok untuk semua anggota keluarga?

Jangan lupa, walaupun kamar mandi luas merupakan suatu kemewahan, Anda tetap harus membuat perencanaan sebanyak bila kamar mandi Anda lebih kecil. (Tim iDEA/Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com