Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore... BTN Luncurkan KPR untuk Pekerja Informal Akhir Juni Ini!

Kompas.com - 12/06/2013, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bersiap meluncurkan program kredit pemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat di sektor informal pada akhir Juni 2013 nanti. Program ini akan menjadi bentuk komitmen BTN terhadap sektor perumahan yang menjadi fokus bisnisnya.

"Sudah siap diluncurkan pada Juni ini. Salah satunya kami akan biayai bantuan 1.000 rumah murah gratis yang dibangun Apersi (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia)," ujar Direktur Utama BBTN Maryono di sela-sela Munas Apersi IV di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Maryono mengatakan, rumah murah gratis Apersi ini akan mulai diserahkan secara bertahap pada awal Juli 2013 atau saat bulan Ramadhan. Tahap pertama akan diserahkan sekitar 5 rumah yang berlokasi di Jabodetabek, kemudian disusul penyerahan di daerah-daerah lain.

Eddy Ganefo, Ketua Umum DPP Apersi, mengatakan bahwa beberapa pengembang di daerah sudah menyatakan kesiapannya membangun rumah murah gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), terutama di sektor informal. Apersi menargetkan 1.000 rumah bisa diserahkan seluruhnya kepada masyarakat yang berhak dalam 2-3 tahun mendatang.

"Verifikasi akan dilakukan satu tim independen sehingga bisa tepat sasaran," ujarnya.

Seperti diberitakan, PT BTN saat ini menargetkan pertumbuhan bisnis pembiayaan perumahan komersial di atas 58 persen. Tahun lalu, pembiayaan properti komersial BBTN tumbuh hingga 58 persen.

"Untuk pembiayaan perumahan melalui KPR FLPP, kita menargetkan antara 95 dan 100 persen dari total pangsa pasar," ujar Maryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com