Kompas.com - 11/06/2013, 18:33 WIB
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejahatan bisa terjadi di mana saja. Tidak saja di rumah tapak, juga di hunian vertikal seperti apartemen. Baru-baru ini terjadi dua kejahatan dengan modus serupa; jual/beli atau sewa apartemen di Cassablanca Mansion dan Lavande Apartment, Jakarta Selatan. Padahal, dengan biaya servis yang dibayarkan tiap bulan oleh penghuni apartemen, mestinya rasa aman dan nyaman bukan hal yang sulit didapatkan.

Menurut Property Management and Engineering Manager Knight Frank, Lioni Sugiarto, komponen biaya servis (service charge) mencakup perawatan dan pengelolaan gedung apartemen. Termasuk masalah keamanan dan kenyamanan.

Saat ini, besaran biaya servis rata-rata untuk apartemen menengah bawah berada pada angka Rp 10.000 per meter persegi per bulan. Sementara untuk apartemen menengah atas antara Rp 13.000-Rp 15.000 per meter persegi per bulan.  Angka lebih tinggi dikenakan pada apartemen servis yakni sekitar Rp 25.000-Rp 50.000 per meter persegi per bulan.

Mari kita hitung, jika penghuni memiliki unit seluas 38 meter persegi, maka biaya servis yang harus dibayarkan senilai Rp 380.000 per bulan untuk apartemen menengah bawah, Rp 532.000 per bulan untuk menengah ke atas dan Rp 1,425 juta untuk apartemen servis.

"Besaran service charge tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah. Harusnya disesuaikan dengan fasilitas dan kualitas pelayanan yang memadai dan memuaskan. Semakin lengkap dan mewah fasilitas pada suatu apartemen, semakin besar biaya operasional yang dikeluarkan, dan semakin besar pula biaya service charge yang dibayarkan penghuni," ujar Lioni kepada Kompas.com, Selasa (11/6/2013).

Selain biaya servis, biaya lain yang harus dibayar penghuni adalah sinking fund. Pada apartemen sewa, sinking fund ini disebut provisional sum. Kegunaannya ialah mempersiapkan dana sejak awal yang harus disediakan untuk penggantian atau perawatan komponen-komponen suatu gedung, sehingga bila terjadi kerusakan-kerusakan pada peralatan yang memerlukan perbaikan atau penggantian, dananya telah tersedia. Besarnya sinking fund ini adalah sepuluh (10) persen dari biaya servis.

"Jadi, dengan berbagai macam pengeluaran yang harus dibayarkan penghuni tersebut, semestinya pengelola apartemen dapat melakukan tugasnya dengan baik dan profesional. Sehingga apa yang dibayarkan penghuni sepadan yang mereka terima, termasuk keamanan dan kenyamanan," tandas Lioni.

 

Baca juga: Agar tak Kecolongan, Perkuat Sistem Keamanan!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.