Kompas.com - 11/06/2013, 14:47 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Jakarta memang punya Bakrie Tower, gedung unik pertama dengan desain memutar (twisting) setinggi 216 meter. Namun, "twisting building" tertinggi, ada di Dubai, Uni Emirat Arab. Nama pencakar langit ini adalah The Infinity Tower.

Setelah sempat terhenti akibat melambatnya pasar properti Dubai tahun 2010, simbol baru ini akhirnya rampung juga. Hari ini, atau Senin (10/6/2013) waktu setempat, Cayan Investment and Development, pengembang yang berbasis di Arab Saudi, secara formal meresmikan menara spiral 90 derajat dari dasar ke ujung atap setinggi 306 meter.

Kendati lebih kerdil alias kalah tinggi dibanding tetangga-tetangganya di Dubai Marina, namun bentuk The Infinity yang memutar, sangat mudah diidentifikasi. Dubai Marina sendiri merupakan kawasan khusus yang mencakup tujuh dari delapan menara apartemen tertinggi di dunia, termasuk Princess Tower yang menjulang 413 meter.

Sementara The Infinity Tower hanya berisi 75 lantai dengan nilai konstruksi sebesar 1 miliar dollar AS atau setara (Rp 9,7 triliun). Skidmore, Owings and Merrill, merancang gedung ini dengan sentuhan yang khas. Sama khasnya dengan Burj Khalifa, Trump Tower di Chicago dan Jin Mao di Shanghai yang juga merupakan hasil karya mereka.

Desain memutar ini memungkinkan penghuni di dalamnya, dapat menikmati pemandangan ke Palm Jumeirah dan Dubai Marina. Betul-betul tantangan konstruksi yang sulit.

"Betapa tidak, susunan balok dan kolom harus dapat memutar dan keluar dari posisi "sakral", karena eksentrisitas beban. Ini memerlukan desain struktural yang sangat rumit," ujar Asisten Profesor Arsitektur Universitas Abu Dhabi, Magdy Ibrahim

Untuk dapat memiliki unit di menara unik tersebut, calon pembeli harus mengeluarkan uang sebesar 544.500 dollar AS atau setara dengan Rp 5,4 miliar apartemen seukuran satu kamar tidur dan Rp 9,3 miliar untuk tipe dua kamar tidur.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.