Arsitek Jepang Rancang Rumah Berpondasi "Septic Tank"

Kompas.com - 11/06/2013, 11:19 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Bangsa ini tak pernah lelah melakukan inovasi. Termasuk penerapan berbasis teknologi canggih. Ya, bangsa mana lagi kalau bukan Jepang. Baru-baru ini, arsitek Kenji Yanagawa turut serta mengaplikasikan kecanggihan teknologi ke dalam salah satu rumah karyanya di Kurakuen Niban-Cho Hyogo, Jepang.

Rumah ini berada di area seluas 95,58 meter persegi dengan bangunan seluas 146,70 meter persegi. Meski memiliki ukuran "rata-rata", rumah bernama "Case Study House" ini sangat tak biasa. Rumah tersebut memiliki efek visual dan lingkungan yang rendah.

Kenji memanfaatkan septic tank (pembuangan kotoran) yang sudah tidak digunakan sebagai pondasi rumah. Cara ini di luar kebiasaan, namun merupakan siasat cerdas mengatasi kondisi lahan di bibir jurang dengan tingkat kemiringan tinggi dan sempit. Sehingga mengurangi area ekskavasi.

Tak cukup sampai di situ, sang arsitek masih harus dipaksa "memutar otak" mencari terobosan. Karena sang pemilik rumah punya koleksi mobil-mobil mewah seperti  Porsche, Ferrari, dan Honda yang harus disimpan dalam ruang terbatas.

Solusi Kenji adalah dengan membuat ruang parkir vertikal dalam elevator terbuka yang terintegrasi dengan rumah. Jendela-jendelanya dirancang berukuran besar pada bagian selatan rumah. Jendela ini dapat menampung sinar matahari dan udara secara maksimal. Sehingga memungkinkan pemilik menikmati pemandangan indah Kurakuen Niban-Cho dari dalam rumah.

Kendati rumah ini sarat bukaan, bagian-bagian di dalam rumah tetap terjaga privasinya. Kamar tidur, kamar mandi, dan ruang-ruang lain "tersembunyi" dari jalan raya. Dengan kata lain, rumah ini dapat menggabungkan keterbatasan ruang, penghormatan pada konteks visual, dan prioritas keluarga yang tinggal di dalamnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X