Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 UKM Jepang Hadir di Cikarang

Kompas.com - 10/06/2013, 17:54 WIB

CIKARANG, KOMPAS.com - Sejak Lippo Cikarang melansir pusat UKM khusus Jepang (Japanese Small Medium Enterprises/SMEs) Februari 2013 lalu, kini sudah ada empat belas (14) perusahaan yang bergabung.

Menurut Presiden Direktur Lippo Cikarang Meow Chong Long, ada tambahan tujuh perusahaan baru yang membuka usahanya di Cikarang. Menyusul tujuh perusahaan pertama, antara lain PT Summit Electrical Steel Processing Indonesia, PT Katsuyamaseiki KKB Indonesia yang merupakan produsen alat proses metal (cutting tool manufacturer and regrind), PT Kobayu Trading Indonesia yang bergerak pada usaha perdagangan komponen industri, PT Tsujikawa Indonesia merupakan produsen produsen alat cetak untuk industri (dies manufacturer), serta PT Nihon Haken yang memproduksi alat proses metal berbentuk berlian (diamond cutting tool manufacturer).

"Sampai saat ini Japanese SMEs dihuni oleh 14 perusahaan skala kecil menengah dan akan terus meningkat lagi di masa yang akan datang. Kehadiran mereka berpotensi menyerap tenaga kerja. Kami targetkan untuk tahap I sekitar 25 perusahaan yang bergabung. Peminatnya sekitar 30-40 perusahaan," ujar Meow kepada Kompas.com, di Cikarang, Senin (10/6/2013).

Pusat UKM seluas 5,3 hektar tersebut didedikasikan bagi investor skala kecil dan menengah asal Jepang yang berminat memperluas usahanya di Indonesia. Lippo Cikarang mengembangkan pusat UKM ini sebagai bagian dari usaha untuk menjaring peluang bisnis dan investasi pada kawasan industri yang berkelanjutan. Dalam mengembangkan Japanese SMEs, mereka berkolaborasi dengan Forval Indonesia

Perusahaan-perusahaan tersebut menyewa lahan untuk jangka waktu lima tahun ke depan. Saat ini, harga sewa lahan di Japanes SMEs senilai 75 dollar AS per meter persegi atau sekitar Rp 738.189. Harga ini jauh di bawah kawasan industri komersial yang sudah mencapai angka rata-rata Rp 1,8 juta per meter persegi. Naik ketimbang tahun lalu yang dipatok rata-rata Rp 1,5 juta per meter persegi. Sedangkan harga kavling perumahan di jalur utama sudah mencapai level Rp 5 juta sampai Rp 6 juta per meter persegi.

Meow menargetkan tahun ini dapat menjual 60 hingga 80 hektar lahan industri dari total cadangan seluas 200 hektar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com