Kompas.com - 10/06/2013, 11:40 WIB
EditorLatief

Oleh Emilia Meliana

KOMPAS.com - Desainer interior Indonesia yang berdomisili di Amsterdam, Belanda, ini memang pantas disebut “gila”. Apa pasal? Ia berani menelanjangi rahasia profesi desain dan menuliskan rahasia tersebut bagi siapa saja lewat bukunya “Interior Design Superpowers for Everyone – 6 Steps to Your Dream Home!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ditulis dalam bahasa Inggris sederhana, desainer "gila" bernama Aileen Martinia ini malah mengajari cara memiliki rumah indah tanpa perlu menyewa tenaga desainer dengan anggaran berapa pun di kantong Anda. Kok begitu? Berikut petikan wawancara dengannya:

Interior indah bagi siapa saja, tanpa desainer, dan dengan budget berapa saja.  Kok bisa, bagaimana caranya?

Sebenarnya semua orang sudah memiliki preferensi sendiri terhadap gaya interior yang dianggap “indah”. Entah itu tradisional, minimalis, klasik, dan sebagainya. Nah, tugas saya itu mengajari dan mengarahkan pemilik rumah supaya mereka dapat mewujudkan itu dari awal hingga akhir tahap demi tahap.

Caranya, pertama saya jelaskan dulu prinsip dasar desain interior, setelah itu saya menyediakan check list pertanyaan yang perlu dijawab. Tentu, tiap orang memiliki jawaban berbeda. Jadi, hasil akhirnya adalah interior rumah impian masing masing orang.

Saya menuntun seluruh proses desain melalui check list tersebut, supaya pilihan desainnya tidak salah kaprah. Begitu kira-kira.

Kalau Anda membocorkan rahasia profesi ini, apakah Anda tidak nantinya tidak ada yang menyewa Anda lagi?

Hahaha...tidak juga. Kepuasan saya dalam bekerja adalah melihat bagaimana pengetahuan saya bermanfaat untuk klien-klien saya. Saya merasa kasihan kalau perabot yang dibeli itu salah, misalnya, tidak cocok dengan ruangannya, akhirnya malah menyesal. Atau, rumahnya tampak ruwet, padahal dengan pengetahuan sedikit saja, tinggal ganti posisi perabot sudah beda 200 persen.

Sejak masih kuliah saya memiliki hobi desain interior dan arsitektur. Selama bertahun-tahun saya belajar desain secara autodidak. Saya mengalami banyak jatuh bangun karena belajar desain sendiri. Saya membaca banyak sekali buku-buku desain dan belajar sendiri, juga teknis pertukangan sederhana. Jadi, saya memahami kacamata awam tentang desain, dan kadang kesulitan mereka saat mendesain rumah sendiri. Padahal, itu rumah mereka sendiri lho. Tiap orang kan tahu kebutuhan dan kesukaan mereka masing-masing. Herannya, banyak orang yang bingung mendesain rumah sendiri. Karena itulah saya membuat buku ini.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.