Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengusir Bau Tak Sedap pada Kulkas

Kompas.com - 05/06/2013, 15:57 WIB

KOMPAS.com - Makanan yang disimpan dalam kulkas tentu akan awet dan kesegarannya terjaga lebih lama. Tapi, jika diisi dengan berbagai jenis makanan dan minuman berbau tajam, kulkas dapat mengeluarkan bau tak sedap. Akibatnya, kualitas makanan dan minuman di dalamnya berkurang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Bau tak sedap di dalam kulkas dapat dikurangi dengan membersihkan kulkas secara berkala. Bila baunya tak kunjung hilang, ada beberapa tips dapat Anda terapkan. Tak perlu menggunakan bahan kimia, cukup manfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur Anda seperti berikut ini:

Cuka

Teteskan cuka pada kain, lalu gosokkan pada permukaan dinding dalam dan luar kulkas. Cuka dapat menghilangkan kotoran dan mencegah pertumbuhan jamur.

Jus tomat

Sisa jus tomat tidak perlu Anda buang. Selama kesegarannya masih terjaga, jus tomat dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya, tuangkan jus tomat ke lap bersih, kemudian gosokkan pada permukaan kulkas. Setelah itu, bilas dengan air hangat agar permukaan kulkas tidak lengket.

Lemon

Air perasan lemon memiliki aroma sangat segar. Cukup peras lemon, lalu tuangkan airnya ke wadah kecil, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga wangi lemon menyebar.

Baking soda

Sediakan spons yang telah dibasahi, lalu taburkan baking soda pada permukaannya. Gosokkan pada permukaan kulkas, juga pada bagian-bagian yang kotor. Bilas spons lalu gunakan kembali untuk membersihkan permukaan kulkas yang telah digosok.

Kopi dan teh

Anda juga bisa menuangkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam wadah kecil. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan bubuk kopi menyerap bau tak sedap yang ada. Selain kopi, Anda juga dapat menggunakan teh dengan cara yang sama. Selamat mencoba!

(Nathania Hapsari/Richard Salampessy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com