Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Rahasia, Facebook Bangun Kantor Khusus Insinyurnya di New York

Kompas.com - 05/06/2013, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Pada saat rencana pembukaan kantor baru Facebook di New York diumumkan tahun lalu, Serkin Piatino, Direktur Teknik di kantor Facebook di New York, menyatakan bahwa desainer Frank Gehry akan mendesain ruang kerja seluas 100.000 kaki persegi untuk para insiyur situs jejaring sosial tersebut.

Ruang kantor tersebut akan menempati Wanamaker Building, salah satu gedung bersejarah di New York. Struktur bangunan asli pada gedung itu masih menggunakan fasad dari besi dan jendela yang saling bersambungan sehingga pintu untuk jalur keluar masuknya memberikan pencahayaan alami berlebih.

Gedung tersebut pertama kali dibeli oleh pengusaha ritel asal Philadelphia, John Wanamaker, pada Agustus 1896 silam. Rencananya, kantor baru Facebook ini akan "mencaplok" struktur asli gedung bersejarah tersebut. 

Saat ini, meskipun para arsitek yang dipimpin Frank Gehry tengah membangun kantor pusat Facebook di Menlo Park, dekat Palo Alto, California, gedung di pusat kota New York itu akan menjadi "rumah baru" bagi para teknisi terkemuka Facebook. Perusahaan tersebut melaporkan, mereka telah menandatangani perjanjian sewa gedung itu selama 10 tahun.

Dengan hadirnya gedung tersebut, Facebook bertekad mewujudkan formasi "silicon alley" di tepi barat New York. Serkin Piatino, sang Direktur Teknik, memperlihatkan kegembiraannya bisa mewujudkan budaya perusahaan dan budaya kerja Facebook melalui upaya Gehry menerjemahkannya dalam pembangunan gedung ini. Yaitu, kata Piatino, bagaimana prinsip-prinsip perusahaan itu bisa termanifestasikan dalam arsitektur kantor baru mereka di New York ini.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg telah menunjuk Frank Gehry sebagai arsitek perancang pembesaran kantor pusat Facebook di Menlo Park, dekat Palo Alto, California. Di situ Zuckerberg akan membangun sesuatu luar biasa bagi karyawannya (Baca: Luar Biasa...Inilah Rencana Kantor Baru Facebook!).

Langkah Zuckerberg tersebut merupakan langkah menarik, mengingat posisi Facebook di pasar saham saat ini masih berjuang menunjukkan dominasinya. Adapun Gehry telah diminta untuk membuatkan ruang bagi 3.400 insinyur Facebook untuk bekerja dan mengembangkan hal-hal baru bagi masa depan jejaring sosial tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com