Kompas.com - 03/06/2013, 17:48 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Karpet dapat terbuat dari serat sintetis maupun serat alami. Apapun bahan pembuatnya, tentu karpet yang ternoda karena tinta pulpen dapat sangat menganggu.

Namun, Anda tak perlu panik. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk membersihkannya:

Untuk serat sintetis, basahi lap bersih dengan pelarut. Jika memungkinkan, usahakan menggunakan pelarut minyak seperti Carbona Carpet Wizard Carpet Cleaner.

Setelah itu, tepuk-tepuk lap bersih yang telah diberi pelarut pada karpet Anda. Tunggu hingga 15 menit, ulangi bila perlu. Bersihkan dengan menepuk-tepuk karpet menggunakan kain bersih yang telah diberikan air hangat.

Untuk serat alami, semprotkan noda dengan larutan deterjen. Larutan tersebut terbuat dari satu sendok teh sabun pencuci piring dan satu cangkir air hangat. Setelah itu, tepuk-tepuk dengan lap bersih.

Kemudian, gunakan larutan amonia dan larutan cuka. Larutan amonia terbuat dari satu sendok teh amonia dengan setengah cangkir air hangat. Setelahnya, tepuk-tepuk dengan lap bersih.

Sementara itu, larutan cuka terbuat dari seperempat cangkir cuka dan seperempat cangkir air. Kembali, tepuk-tepuklah dengan lap bersih setelah membubuhi noda dengan larutan cuka. Gunakan kembali larutan deterjen dan tepuk-tepuk menggunakan lap bersih. Terakhir, semprotkan noda dengan air dan tepuk-tepuk menggunakan lap bersih.

Alkohol juga dapat menghilangkan noda tinta pada karpet. Untuk noda yang sulit hilang, gunakan larutan alkohol 100 persen.

Caranya, teteskan alkohol secukupnya pada noda tersebut. Gosok karpet dengan sikat lembut dan penuh kehati-hatian. Gosoklah mengikuti alur tenunan. Sebaiknya, jangan pula gegabah dalam membersihkan karpet.

Hindari membasahi karpet hingga bagian belakang karpet Anda. Teslah larutan pembersih pada sebagian kecil karpet Anda sebelum menggunakannya pada seluruh karpet. Jangan menggunakan detergen dalam jumlah jauh lebih banyak dari jumlah yang disarankan.

Selain itu, hindari menggosok atau mengucek karpet Anda dengan kasar. Basahi saja karpet Anda dengan solusi pembersih dan tepuk-tepuklah karpet tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.