Mimpi Qatar Seharga Rp 5,4 Triliun

Kompas.com - 03/06/2013, 13:54 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Qatar akan menjadi tuan rumah bagi Piala Dunia 2022 mendatang. Meskipun masih harus menunggu sembilan tahun lagi, Qatar tidak menunjukkan tanda-tanda akan bersantai sebelum mampu menyediakan fasilitas kelas dunia bagi para penggemar sepak bola dan wisatawan yang akan berkunjung.

Hal tersebut ditunjukkan oleh Barwa Real Estate dengan mengumumkan rencananya pada akhir Mei 2013 lalu untuk membangun tempat tinggal seharga 5,5 miliar dollar AS atau setara Rp 5,4 triliun. Selain tempat tinggal, perusahaan tersebut juga akan membangun proyek resor pada sebuah pulau di salah satu garis pantai Qatar. Resor ini juga akan memiliki lima hotel mengapung.

Pulau Oryx, pulau tanpa kendaraan bermotor tersebut, akan memiliki terminal kapal pesiar, sebuah taman air, hotel, ruang komersial, dan resor seluas 250 hektar. Menurut Chief Executive Barwa Abdulla Abdulaziz Al Subaie mengatakan kepada para wartawan bahwa segala kemewahan ini mampu memberikan akomodasi bagi 25.000 orang. Ia juga menekankan, di masa mendatang akan ada "permintaan jangka pendek atas kamar hotel".

Tentu saja, ungkapan Subaie dapat dengan mudah dikaitkan dengan Piala Dunia 2022. Namun, Barwa secara resmi menolak bahwa proyek ini dapat dikaitkan dengan Piala Dunia.

"The Island Oryx & Gulf Resort adalah proyek yang diajukan oleh Barwa Real Estate di perairan Teluk Arab untuk mendukung rencana diversifikasi ekonomi di Qatar dan tidak, dengan cara apa pun, berhubungan dengan proyek-proyek Piala Dunia 2022," begitu bunyi pernyataan Barwa.

Sayangnya, rencana pembangunan ini masih berada dalam tahap konsep. Selain itu, menurut World Property Channel, Barwa sama dengan perusahaan pengembang lain yang memiliki tantangan dalam merealisasikan konsep ambisiusnya itu.

(Sumber: http://www.worldpropertychannel.com) 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X