Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantaran Listrik, Nyawa Pasien Tak Perlu Melayang di Rumah Sakit....

Kompas.com - 31/05/2013, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Teknologi sederhana terkadang mampu menjadi jawaban bagi masalah pelik suatu wilayah yang jauh dari ingar-bingar kota metropolitan. Salah satu contohnya adalah penggunaan pembangkit listrik tenaga surya bagi sebuah rumah sakit di Haiti.

Rumah sakit tersebut berada di Mirebalais, sekitar 48 km di utara Port au Prince. Setiap hari, daerah ini mengalami tiga jam pemadaman listrik. Tentu, bagi rumah sakit, tiga jam adalah waktu yang sangat berharga untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Kini, dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya, rumah sakit tersebut mampu mengurangi salah satu masalah utamanya.

Rumah sakit yang baru saja dibuka ini menggunakan lebih dari 1.800 panel solar. Panel-panel solar tersebut diletakkan pada bagian strategis rumah sakit agar mudah menerima sinar matahari, yaitu di bagian atap berwarna putih.

Hopsital Universitaire de Mirebalais yang merupakan hasil kerja sama berbagai pihak di bidang kesehatan ini mampu melayani area seluas 19.000 meter persegi. Rumah sakit menyediakan 300 tempat tidur untuk membantu pelayanan kesehatan negara.

Menariknya lagi, rumah sakit ini menggunakan solusi desain yang menampung solar panel untuk menghimpun tenaga lebih banyak dari konsumsi tenaga listrik rumah sakit tersebut. Solar panel yang dipasok dari Jerman tersebut mampu menyediakan 139 megawatt listrik atau mampu mengisi baterai untuk 22 juta telepon pintar dan mengimbangi 72 ton batu bara.

Baca juga: Inilah Penampakan Apartemen Termahal di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com