Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Penting... Posisi Kolam Menurut Fengsui!

Kompas.com - 31/05/2013, 11:19 WIB

Oleh Linda Kho

KOMPAS.com - Fengsui didefinisikan secara harafiah sebagai Angin dan Air. Energi mengalir bersama dengan angin, sementara air menampung energi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tata letak bangunan berfengsui bagus, pengaturan angin dan peletakan air harus tepat.

Memang, meskipun angin dan air dalam fengsui merupakan satu kesatuan tak terpisahkan, hal terpenting hanya dijelaskan di sini adalah hal-hal yang berhubungan dengan air, seperti kolam ikan atau aquarium.

Kolam merupakan salah satu ornamen pelengkap sebuah bangunan yang masih sangat digemari. Hampir setiap rumah memiliki sebuah kolam atau setidaknya aquarium jika lahan di dalam rumahnya terbatas.

Pada sebuah bangunan, peletakan komposisi air secara benar akan memberikan dampak positif bagi penghuninya. Sebaliknya, peletakan yang keliru berpotensi memunculkan sejumlah masalah.

Semakin besar massa air, semakin besar dampaknya, baik itu dampak positif maupun negatif. Berikut beberapa prinsip umum tentang pengelolaan kolam:

- Kolam harus dikelola selalu bersih (jernih). Kotornya kondisi air dan isi kolam menjadi sumber energi Yin yang berdampak buruk bagi penghuni bangunan.

- Jika terletak dekat dengan kamar tidur, kolam tidak perlu mengeluarkan suara yang keras (percikan airnya).

- Kolam tidak boleh terletak di sektor tengah bangunan karena berisiko terkena penyakit jantung.

- Untuk quarium besar ada baiknya tidak diletakkan di dalam kamar. Fishbowl ataupun segelas air tidak perlu dirisaukan.

- Kolam ikan besar/kolam renang tidak boleh diletakkan di bagian Selatan rumah.

Selain prinsip umum tersebut, pengelolaan kolam perlu juga memperhatikan arah hadap bangunan sekaligus dengan periode pembangunannya. Perlu diketahui, sekarang ini penanggalan fengsui Bintang Terbang berada pada periode 8 (2004-2023).

Berikut beberapa catatan di bawah ini untuk peletakan kolam bagi rumah-rumah yang dibangun pada periode 8:

- Hindari meletakkan kolam ikan di depan rumah, untuk bangunan dengan arah hadap Timur sektor 2 dan 3 (82,5 derajat s/d 112,5 derajat).

- Untuk rumah menghadap Selatan sektor 2 dan 3 (172,5 derajat s/d 202,5 derajat), sebaiknya jangan meletakkan kolam ikan di depan kiri (sektor Tenggara).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com