Kompas.com - 31/05/2013, 10:39 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Negera-negara di Jazirah Arab memang sedang kelebihan uang. Mereka berlomba membangun proyek mercusuar. Satu sama lain tak mau tersaingi. Walhasil di hampir seluruh jazirah petrodollar itu bertebaran proyek anyar berkonsep "masa depan" dan ambisius, untuk tidak dikatakan artifisial.

Teranyar adalah Qatar, negara yang bakal jadi tuan rumah Piala Dunia 2020. Nah, salah satu pemain properti besarnya punya rencana membangun perumahan dan resor di sebuah pulau lepas pantai Qatar. Termasuk lima hotel terapung untuk menampung pengunjung yang menyaksikan perhelatan sepakbola terakbar dunia itu. Tak sembarang hotel yang akan mereka bangun, melainkan berkapasitas 25.000 orang.

 

Adalah Barwa Real Estate yang punya mimpi mahal senilai 5,5 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 53,7 triliun. Proyek dengan tajuk The Oryx Island and Golf Resort ini tak hanya berisi perumahan, dan hotel, juga lapangan golf, dermaga tempat berlabuhnya kapal-kapal pesiar mewah, taman air, ruang komersial kelas atas dan resor seluas 250 hektar.

CEO Barwa Real Estate Abdulla Abdulaziz Al Subaie mengatakan, proyek ini memang masih konseptual. Namun begitu, bukan berarti pihaknya tidak serius. Mereka, seperti pengembang lainnya, akan berjuang maksimal untuk mengubah konsep ambisius tersebut menjadi kenyataan.

"Rencana ini adalah cermin ambisius Qatar. Kami ingin melangkah menuju masa depan yang berbeda, sejajar dengan negara-negara maju lainnya," kata Barwa.

The Island Oryx & Gulf Resort adalah proyek di perairan Teluk Arab yang ditujukan mendukung rencana diversifikasi ekonomi Qatar dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan Piala Dunia 2020. 

"Bahwa kemudian hotel-hotel kami ditempati oleh para pengunjung Piala Dunia 2020, itu lain soal," ujar Subaie.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.