Kompas.com - 30/05/2013, 16:31 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Membangun jembatan bukan perkara mudah. Selain menopang kendaraan dan pejalan kaki yang setiap hari melaluinya, jembatan juga harus fleksibel menahan terapaan angin dan dibuat mampu "mengalah" jika ada kapal yang ingin melintasinya.

Hebatnya, arsitek-arsitek dan insinyur di seluruh dunia berhasil membuat jembatan-jembatan yang tidak hanya kuat, namun juga cantik dan unik. Berikut ini beberapa jembatan-jembatan menakjubkan dari berbagai jenis dan peruntukkannya.

Rolling Bridge

Rolling Bridge atau Jembatan Bergulung ini didesain oleh studio desain asal Inggris, Heatherwick Studio pada 2004 dan dikerjakan oleh Littlehampton Welding Ltd. Jembatan sepanjang 12 meter tersebut secara khusus dibuat bagi para pejalan kaki untuk memudahkan mobilisasi para pekerja dan penduduk setempat di Grand Union Canal, Paddington Basin, London.

Masalahnya, tidak hanya para pejalan kaki yang membutuhkan mobilisasi di Gran Union Canal. Maka itu, fitur unik jembatan yang mampu "bergulung" ini sebenarnya dibuat agar perahu-perahu dapat melewati jembatan tanpa masalah.

Struktur jembatan ini dapat "tergulung berkat" beberapa hidrolik pada pagar jembatan tersebut. Delapan bagian jembatan perlahan akan terangkat dan kemudian "menggulung" sendiri.

Henderson Waves

Jembatan cantik sepanjang 274 meter ini membentang dari Mount Faber Park hingga Telok Blangah Hill Park. Di atasnya, Anda dapat menikmati pemandangan cakrawala indah luar biasa.

Namun, bagi Anda yang takut ketinggian, ada baiknya berhati-hati. Pasalnya, jembatan tersebut membentang 36 meter di atas permukaan Henderson Road.

Seperti kebanyakan fasilitas umum lainnya di Singapura, jembatan yang dapat Anda tempuh hanya dalam lima menit ini memiliki fasilitas bagi penduduk berkebutuhan khusus. Bagi yang suka berolah raga, ingin mengabadikan momen pra-pernikahan, atau hanya sekedar bersantai, jembatan dengan "rusuk-rusuk" ini terbuka untuk publik dari pukul tujuh pagi jam dua dini hari. Jangan lupa, nikmati keindahan cahaya LED di jembatan ini pada malam hari!

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.