Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Masih yang Terbaik....

Kompas.com - 28/05/2013, 16:19 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jakarta masih menempati posisi teratas di kawasan Asia Pasifik untuk pertumbuhan sewa ruang perkantoran. Ibukota Negara ini mencatat angka sebesar 7,4 persen, jauh meninggalkan kota-kota lainnya seperti Bangkok, Manila, Beijing, dan Hong Kong.

Sementara itu, kota-kota di Australia mencatat kinerja terburuk. Kota-kota di Negeri Kanguru ini mengalami kejatuhan antara satu hingga tiga persen selama kuartal I 2013.

Tampilnya Jakarta di posisi teratas didorong oleh menguatnya permintaan yang berasal dari ekspansi perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Sementara di sisi lain, pasokan perkantoran baru siap pakai sangat terbatas.

Berdasarkan riset Jones Lang LaSalle Asia Pasifik, meskipun Jakarta terus tumbuh, secara umum aktifitas sewa pasar perkantoran di kawasan ini melambat. Hanya beberapa kota saja yang mengalami stabilitas pertumbuhan. Di antara 27 kota yang masuk dalam keranjang indeks JLL, 14 diantaranya terlihat mengalami pertumbuhan, sisanya stabil dan menurun. Pertumbuhan sewa agregat rata-rata 0,3 persen (q on q) ketimbang 0,4 persen pada kuartal IV 2013.

Tidak seperti Jakarta, Singapura, Beijing, Hong Kong dan kota-kota di Australia justru mengalami kontraksi. Sebaliknya, di Jepang, Korea Selatan dan Negara-negara Asia Tenggara dalam kondisi stabil.

Kinerja terburuk diperlihatkan Beijing yang mengalami penurunan hingga 3,7 persen yang ditunjukkan anjloknya transaksi sewa. Demikian juga Hong Kong yang jatuh 1,3 persen dan kota-kota di Australia terpuruk hingga 3,3 persen.

"Kami harapkan melambatnya bisnis yang berdampak pada aktifitas sewa perkantoran hanya berlangsung sementara. Semoga kondisi ini segera pulih pada semester kedua nanti," ujar Managing Director JLL Asia Pacific, Jeremy Sheldon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com