Jakarta Masih yang Terbaik....

Kompas.com - 28/05/2013, 16:19 WIB
EditorLatief

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jakarta masih menempati posisi teratas di kawasan Asia Pasifik untuk pertumbuhan sewa ruang perkantoran. Ibukota Negara ini mencatat angka sebesar 7,4 persen, jauh meninggalkan kota-kota lainnya seperti Bangkok, Manila, Beijing, dan Hong Kong.

Sementara itu, kota-kota di Australia mencatat kinerja terburuk. Kota-kota di Negeri Kanguru ini mengalami kejatuhan antara satu hingga tiga persen selama kuartal I 2013.

Tampilnya Jakarta di posisi teratas didorong oleh menguatnya permintaan yang berasal dari ekspansi perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Sementara di sisi lain, pasokan perkantoran baru siap pakai sangat terbatas.

Berdasarkan riset Jones Lang LaSalle Asia Pasifik, meskipun Jakarta terus tumbuh, secara umum aktifitas sewa pasar perkantoran di kawasan ini melambat. Hanya beberapa kota saja yang mengalami stabilitas pertumbuhan. Di antara 27 kota yang masuk dalam keranjang indeks JLL, 14 diantaranya terlihat mengalami pertumbuhan, sisanya stabil dan menurun. Pertumbuhan sewa agregat rata-rata 0,3 persen (q on q) ketimbang 0,4 persen pada kuartal IV 2013.

Tidak seperti Jakarta, Singapura, Beijing, Hong Kong dan kota-kota di Australia justru mengalami kontraksi. Sebaliknya, di Jepang, Korea Selatan dan Negara-negara Asia Tenggara dalam kondisi stabil.

Kinerja terburuk diperlihatkan Beijing yang mengalami penurunan hingga 3,7 persen yang ditunjukkan anjloknya transaksi sewa. Demikian juga Hong Kong yang jatuh 1,3 persen dan kota-kota di Australia terpuruk hingga 3,3 persen.

"Kami harapkan melambatnya bisnis yang berdampak pada aktifitas sewa perkantoran hanya berlangsung sementara. Semoga kondisi ini segera pulih pada semester kedua nanti," ujar Managing Director JLL Asia Pacific, Jeremy Sheldon.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X