Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengolah Sudut Ruangan, Mengusir "Energi Negatif"

Kompas.com - 28/05/2013, 15:23 WIB

KOMPAS.com - Sudut ruangan seringkali menjadi momok tersendiri. Ruang-ruang mungil menyudut tersebut memang kerap menjadi salah satu "mimpi buruk" dalam proses mendekor interior rumah lantaran sulit terjangkau.

Tak heran. mulai dari cerita-cerita horor hingga fensui, semuanya mengatakan seringkali ada "energi negatif" di sudut-sudut ruangan. Hanya, sedikit berbeda dengan mitos-mitos tersebut, pada kenyataannya mendekorasi sudut ruangan memang tergolong sulit. Untuk itu, jika ingin "mengakali" bagian rumah yang satu ini, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

Gunakan kursi berpunggung tinggi

Kursi-kursi berpunggung tinggi sangat sempurna untuk mengisi sudut ruangan rumah Anda. Selain itu, kursi-kursi semacam ini juga tidak hanya memiliki peran dekoratif, namun juga tempat bercengkerama bersama keluarga.

Anda bisa meletakkan dua kursi berpunggung tinggi di sudut rumah dan menyertakan meja kecil di antara dua kursi tersebut. Anda juga bisa menempatkan sebuah kursi ottoman sebagai tempat menaruh kaki atau meja yang empuk.

Sudut untuk bekerja

Selain kursi, Anda bisa membuat ruang kerja mini di sudut ruangan. Caranya mudah. Anda hanya perlu menempatkan sebuah meja, kursi dan sertakan juga pencahayaan yang cukup. Pastikan Anda meletakkan meja secara diagonal.

Untuk memberikan "lapisan" pada sudut ruangan, Anda bisa menempatkan sebuah pohon tepat di belakang kursi Anda.

Rak di pojok ruangan

Untuk "mengisi" pojok ruangan, Anda bisa menggunakan rak freestanding berkaki tiga. Rak semacam ini tidak hanya mampu berdiri dengan stabil, namun juga mampu "memenuhi" bagian kosong di pojok rumah Anda.

Meja mungil, telepon, dan memo

Sudut ruangan juga bisa Anda manfaatkan sebagai "bilik telepon". Anda hanya perlu membuat atau memilih meja yang pas untuk letakkan di sudut ruangan bersama telepon dan buku atau kertas memo. Bila perlu, Anda juga bisa menghias dinding di sudut ruangan dengan papan tulis atau papan berbahan gabus untuk menaruh memo-memo tersebut.

Jendela

Jika masih dalam proses mendesain rumah, Anda belum terlambat untuk menggunakan cara ini, yaitu menjadikan sudut rumah Anda sebagai lokasi jendela. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak usaha untuk menghias dan menutupi area ini. Membiarkannya kosong justeru membuat Anda mampu menikmati pemandangan.

Tempat bermain dan membaca

Bila "energi negatif" bersemayam di sudut-sudut rumah Anda, ada baiknya Anda mengubah energi tersebut menjadi positif. Caranya, Anda bisa membuat area tersebut menjadi ruangan yang aktif dan menyenangkan. Bila masih memiliki anak berusia kecil, Anda bisa menjadikan sudut ruangan tersebut sebagai tempat mereka bermain. Namun, jika Anda tinggal sendirian, cukup jadikan sudut rumah itu sebagai area yang nyaman untuk membaca buku-buku kesayangan Anda.

Selamat berkreasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com