Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kota Sasaran Investasi Properti

Kompas.com - 27/05/2013, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gegap gempita pengembangan properti komersial tak hanya berlangsung di Jakarta. Daerah pun terjangkiti eforia serupa. Di luar Surabaya yang menempati posisi kedua teraktif dengan jumlah 9 proyek multifungsi (mixed use), tercatat Medan, Bandung, Pekanbaru, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta yang menunjukkan pertumbuhan positif.

Colliers International Indonesia  menilai, secara umum, bergairahnya properti enam kota tersebut didorong perekonomian yang terus bertumbuh. Hal ini mengundang minat para pengembang membangun dengan nilai investasi lumayan besar. Nama-nama besar seperti Lippo Group, Ciputra Group, Agung Podomoro Group, Sahid Group pun kepincut membagi kue investasinya ke kota-kota tersebut.

"Investasi properti di Pekanbaru, Bandung, Balikpapan, Solo, serta Yogyakarta berpotensi meningkat, tapi tergantung karakternya. Misalnya, Yogyakarta tidak cocok bagi apartemen. Sebab, wilayah ini rawan gempa," ujar Ferry Salanto, Associate Director Colliers International.

Medan contohnya. Tak dimungkiri bila ibukota Sumatera Utara ini masih merupakan commercial and business hub untuk Pulau Sumatera. Saat ini, terdapat delapan proyek berskala multifungsi yang sedang dalam konstruksi. Proyek-proyek tersebut memiliki varian berbeda, mulai dari pusat belanja, hotel, apartemen, trade center, ruko, hingga kondominium-hotel.

Berbeda dengan Bandung yang memiliki 11 mixed use project. Jenis proyek yang tengah dalam proses pembangunan, lebih didominasi oleh apartemen dan hotel. Ini disebabkan karena tipikal investasi yang diminati pengembang adalah sesuai dengan karakter Bandung sebagai kota destinasi wisata belanja dan kuliner. Jadi, kebutuhan hunian dan fasilitas akomodasi lebih tinggi dibanding pusat belanja.

Pekanbaru, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta juga tak mau ketinggalan. Keempatnya berpacu menjadi yang paling menarik dan menjanjikan untuk investasi properti. Saat ini, terdapat 4 pengembangan multifungsi yang tengah berlangsung di Pekanbaru. Demikian halnya dengan Balikpapan yang diramaikan oleh tiga proyek berskala mixed use. Ketiga proyek tersebut terkonsnetrasi di pusat kota. Sementara Sahid Yogyakarta Lifestyle Center, Mataram City dan Malioboro City mengisi laju pertumbuhan properti di Yogyakarta. Solo sendiri saat ini tengah disibukkan dengan pembangunan The Park Solo dan Solo Center Point

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com