Kompas.com - 24/05/2013, 18:03 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Dibuat dengan alasan bahwa fungsi hunian bisa dikonsolidasikan sesuai kebutuhan, studio milik Liu Lubin ini didesain sebagai "rumah mikro". Bertempat di sebuah taman kota di Beijing, China, struktur rumah mungil ini diperkuat dengan serat fiber.

Serat fiber itu dibuat dan disusun sebelumnya untuk memperoleh ruangan-ruangan minimalis hingga menghasilkan "rumah" yang benar-benar bisa menghadirkan ruang beristirahat, ruang kerja, ruang mencuci, serta dapur. Adapun susunan ruangnya bisa disusun sesuai keinginan, termasuk bagaimana pencahayaan yang ingin didapatkan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebetulnya, konstruksi dasar dari "rumah mikro" ini cocok diaplikasikan pada satu kontainer bekas. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa mayoritas terbesar dari komunitas warga yang belum memiliki rumah pun bisa punya rumah sendiri dengan konsep ini.

Soal interior, siapapun sebetulnya bisa berimprovisasi karena penggunaan furnitur di dalamnya tinggal menyesuaikan ukuran ruang, baik itu untuk duduk, berdiri atau bersantai dengan area yang minimal. Komposisi cemerlang dari "rumah mikro" ini juga bisa dihadirkan secara berkelompok atau dalam satu komunitas atau berdiri sendiri di sebuah lahan di kawasan tertentu. 

Baca juga: Awas... Biaya-biaya "Siluman" Saat Membeli Apartemen!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.