Lagi, Dukungan Pendanaan Rumah Bersubsidi untuk Kemenpera!

Kompas.com - 22/05/2013, 14:37 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menandatangani kesepakatan dukungan pendanaan jangka panjang dalam program pembangunan rumah pro-rakyat, termasuk di dalamnya pegawai negeri sipil (PNS).

"Penandatanganan kerja sama ini akan semakin memantapkan fasilitasi pembiayaan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) termasuk PNS," kata Deputi Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo dalam acara penandatanganan kerja sama di Jakarta, Selasa (22/5/2013).

Sri mengatakan, kerja sama ini juga bermanfaat bagi pendanaan jangka panjang dalam program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Kemenpera. Selain itu, dukungan pendanaan dari SMF juga bermanfaat dalam mengatasi persoalan kecocokan finansial bagi konsumen MBR dalam FLPP tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan, pihaknya dapat memfasilitasi penyediaan dana jangka panjang kredit pemilikan rumah (KPR) FLPP sehingga dapat membantu secara kongkrit program percepatan rumah untuk PNS dan masyarakat lainnya. Apalagi, Raharjo mengingatkan, backlog atau tingkat kekurangan penyediaan rumah di Indonesia diperkirakan telah mencapai angka sebesar 15 juta unit rumah. Padahal setiap tahunnya, lanjut dia, terjadi peningkatan penduduk Indonesia sekitar 1,5 persen dari sekitar 250 juta orang yang menjadi populasi. 

"Untuk mengatasi hal ini, jelas diperlukan keberpihakan dari pemerintah selain itu diperlukan pula dukungan dari pemangku kepentingan," kata Raharjo.

Program KPR FLPP adalah salah satu program andalan Kemenpera yang bertujuan mempermudah masyarakat MBR dalam memperoleh tempat tinggal. Kelebihan KPR FLPP disediakan untuk tenor selama 20 tahun dengan suku bunga tetap sebesar 7,5 persen hingga waktu jatuh tempo. Sementara porsi pembiayaan dalam program FLPP tersebut adalah 70 persen dari pemerintah dan 30 persen dari beragam bank pelaksana yang menandatangani perjanjian kerja sama operasional (KSO) dengan pemerintah. 

Baca juga: Harga Rumah Terendah di Cibubur Rp 1 Miliar



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X