Kompas.com - 21/05/2013, 16:49 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Jinan, ibu kota Provinsi Shangdong di bagian timur China, saat ini tengah bersolek diri sebagai perkotaan yang maju. Gedung-gedung pencakar langit semakin banyak dibangun, termasuk salah satu proyek terbesar yang akan hadir, Jinan Grand Theater. 

Didesain oleh Paul Andreu, Jinan Grand Theater akan menjadi pusat kesenian terbesar di kota itu. Dengan area seluas 72.000 meter persegi, gedung pertunjukan ini akan meliputi 1.800 bangku pertunjukan opera, 1.600 kursi konser musik, dan 500 kursi teater. Sementara itu, masih ada 60.000 meter persegi lain di kawasan gedung ini yang dipersiapkan untuk kebutuhan ritel dan area komersial.

Bentuk arsitektur mirip lanskap gunung pada gedung ini sangat unik. Material kaca mendominasi bagian atas gedung yang langsung menghadap keramaian jalan, yaitu di pusat taman yang berhadapan langsung dengan tiga menara tinggi di depannya. Adapun konfigurasi dari tiga gedung ini, menurut pejabat setempat, menunjukkan kesempurnaan fengsui.

Pembangunan konstruksi gedung ini ditargetkan selesai pada akhir 2013 nanti.

Baca: Gedung-gedung di China yang "Norak" dan Bikin Tertawa....

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.