Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi... China Bangun Gedung Kesenian Terbesar di Jinan!

Kompas.com - 21/05/2013, 16:49 WIB

KOMPAS.com — Jinan, ibu kota Provinsi Shangdong di bagian timur China, saat ini tengah bersolek diri sebagai perkotaan yang maju. Gedung-gedung pencakar langit semakin banyak dibangun, termasuk salah satu proyek terbesar yang akan hadir, Jinan Grand Theater. 

Didesain oleh Paul Andreu, Jinan Grand Theater akan menjadi pusat kesenian terbesar di kota itu. Dengan area seluas 72.000 meter persegi, gedung pertunjukan ini akan meliputi 1.800 bangku pertunjukan opera, 1.600 kursi konser musik, dan 500 kursi teater. Sementara itu, masih ada 60.000 meter persegi lain di kawasan gedung ini yang dipersiapkan untuk kebutuhan ritel dan area komersial.

Bentuk arsitektur mirip lanskap gunung pada gedung ini sangat unik. Material kaca mendominasi bagian atas gedung yang langsung menghadap keramaian jalan, yaitu di pusat taman yang berhadapan langsung dengan tiga menara tinggi di depannya. Adapun konfigurasi dari tiga gedung ini, menurut pejabat setempat, menunjukkan kesempurnaan fengsui.

Pembangunan konstruksi gedung ini ditargetkan selesai pada akhir 2013 nanti.

Baca: Gedung-gedung di China yang "Norak" dan Bikin Tertawa....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com