Kompas.com - 14/05/2013, 12:55 WIB
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu destinasi wisata budaya dan pendidikan, Yogyakarta memang punya pesona. Tak heran, jika kota ini dijadikan pilihan utama investor perhotelan, setelah Bali. Tahun 2013, terdapat 60 proposal perijinan hotel baru berkualifikasi bintang 3,4 dan 5.

Jika ijin ke-enampuluh hotel tersebut disetujui, akan menggenapi fasilitas akomodasi lainnya yang sudah lebih dulu beroperasi. Memasuki kuartal 2 tahun ini, telah dan akan buka tujuh (7) hotel baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta menunjukkan, sebagian besar dari ketujuh hotel tersebut dikelola oleh jaringan operator domestik. Antara lain Metropolitan Golden Management (MGM), Sido Muncul Group dan Zurich Group. Sebagian lainnya dikelola oleh bendera asing yakni Accor Group, dan Swissbel Hotel Group. Sedangkan tahun 2014, sebanyak 10 hotel baru siap menjejali kota

Menurut Ketua PHRI Yogyakarta Istidjab M Danunagoro, maraknya pembangunan hotel baru tak lepas dari kinerja industri pariwisata yang terus memperlihatkan kemajuan. Baik dalam kuantitas (jumlah) maupun kualitas wisatawan.

"Tahun 2012, kami mencatat kedatangan turis mancanegara sebanyak 1,2 juta orang dan 900.000 orang turis domestik. Jumlah ini akan beranjak naik, karena Yogyakarta saat ini memiliki spot-spot baru yang menawarkan pengalaman wisata yang berbeda," jelas Istidjab kepada KOMPAS.com, Selasa (14/5/2013).

Istidjab menambahkan,  pengusaha industri pariwisata, terutama perhotelan dan restoran, semakin sadar pentingnya meningkatkan kualitas standar pelayanan, mengeksplorasi budaya lokal secara maksimal serta kemampuan bersinergi dengan modernitas. Sehingga menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi dan menjadi pilihan para pelancong.

"Mereka, para wisatawan yang datang ke Yogyakarta, bukanlah wisatawan musiman. Melainkan wisatawan yang "jatuh cinta" dan menghargai keistimewaan obyek-obyek pariwisata di sini," imbuh Istadjab.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.