Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Hilton Hotel Incar Kota-kota di Indonesia

Kompas.com - 13/05/2013, 03:51 WIB

BM Lukita Grahadyarini

Jaringan Hotel Hilton merupakan salah satu rantai hotel yang terbesar di dunia. Hingga Februari 2013, jaringan Hotel Hilton di dunia yang terdiri atas hotel dan resor berjumlah 3.977 hotel yang tersebar di 90 negara di Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, serta Asia Pasifik.

Merek Hilton kembali disatukan tahun 2006 setelah terpisah selama 45 tahun, yakni ketika Hilton Hotel Corporation yang berbasis di AS mengakuisisi Hilton Group PLC yang berbasis di Inggris. Selama 5 tahun terakhir, gebrakan masif Hilton Worldwide terus berlangsung dengan penetrasi hotel ke berbagai benua. Tercatat sebanyak 993 hotel dengan total 173.603 kamar dalam tahap pembangunan dan siap memasuki pasar dalam beberapa tahun ke depan.

Pertengahan April lalu, Kompas menjumpai Vice President Development Asia Pasific untuk Hilton Worldwide, Guy Phillips. Pria yang bergabung dengan Hilton Worldwide sejak tahun 2002 menetap dan bekerja di Asia selama lebih dari 17 tahun. Guy bertanggung jawab pada pengembangan dan pertumbuhan portofolio atas hotel-hotel Hilton Worldwide.

Pengembangan jaringan Hilton saat ini menyasar segala segmen pasar. Merek hotel yang dikembangkan Hilton di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea, meliputi Waldorf Astoria dan Conrad yang merupakan hotel mewah, Hilton yang merupakan hotel bintang lima, dan DoubleTree by Hilton yang merupakan hotel bintang empat. Di segmen menengah ada Hilton Garden Inn, dan hotel kelas ekonomi Hampton by Hilton.

Indonesia dengan penduduk yang besar merupakan target pasar potensial untuk pengembangan bisnis Hilton. Berikut petikan wawancara dengan Guy Phillips.

Strategi bisnis?

Kami saat ini memiliki enam merek hotel yang dikembangkan di Asia Pasifik, mulai dari hotel mewah sampai hotel ekonomi. Kami terus mengembangkan enam merek hotel ini, dan secara spesifik ke Indonesia. Waldorf Astoria dan Conrad akan dikembangkan ke Jakarta dan Bali. Hilton yang ada di Bandung, akan dikembangkan juga ke Jakarta dan Bali, dan kemungkinan ke kota lainnya.

Sementara itu, DoubleTree by Hilton akan dibangun di kawasan Menteng, Jakarta, pada triwulan III-2013. Hilton Garden Inn juga akan segera dibangun dengan sasaran segmen menengah atas dan menengah. Sementara Hampton by Hilton baru akan dibangun setelah hotel-hotel dengan segmen menengah hingga atas itu terbangun karena kami merasa budget hotel dan ekonomi tumbuh sangat pesat di Indonesia, baik yang dikelola oleh operator domestik maupun internasional.

Hilton Garden Inn akan menjadi fokus pengembangan kami, dengan sasaran pengunjung domestik maupun internasional yang berada di Indonesia. Kami menawarkan nilai lebih pada hotel segmen menengah ini, didasarkan pada pengalaman kami dalam mengelola hotel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com