Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Rumus Menentukan PK AC yang Sesuai!

Kompas.com - 11/05/2013, 15:53 WIB

KOMPAS.com — Begitu banyak pilihan fitur yang ditawarkan dari berbagai tipe AC, mulai dari hemat listrik hingga fitur yang dapat menghasilkan udara bersih dan sehat. Pemilihan fitur-fitur ini kembali pada kebutuhan masing-masing konsumen.

Namun, jika berhubungan dengan pemilihan ukuran PK yang tepat, Anda tentu harus memperhatikan luasan ruangannya. Jangan sampai AC dengan PK kecil diletakkan di ruangan yang relatif besar. Akibatnya, efek dingin AC tidak akan terasa. Atau sebaliknya, jika ruang kecil ditempatkan AC dengan PK besar, justru akan memboroskan energi listrik.

Dalam menentukan besaran PK, Anda bisa menjadikan British Termal Unit (BTU) sebagai acuan besaran. Nilai BTU dapat Anda ketahui dengan mengalikan panjang (p) dan lebar (l) ruangan dalam satuan meter dengan 500 (besaran baku BTU).

Contohnya, untuk ruangan 3 x 2 meter, maka perhitungannya sebagai berikut:

Nilai BTU = p x l x 500 = 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU (karena kurang dari 5.000 BTU, maka masih memungkinkan penggunaan AC ½ PK). 

Adapun acuan menentukan besaran PK sebagai berikut:

  • ½ PK = 5.000 BTU (batas maksimal)
  • ¾ PK = 7.000 BTU
  • 1 PK = 9.000 BTU
  • 1 ½ PK = 12.000 BTU
  • 2 PK = 18.000 BTU

(FLORENSIA RANNY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com