Kompas.com - 11/05/2013, 15:53 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Begitu banyak pilihan fitur yang ditawarkan dari berbagai tipe AC, mulai dari hemat listrik hingga fitur yang dapat menghasilkan udara bersih dan sehat. Pemilihan fitur-fitur ini kembali pada kebutuhan masing-masing konsumen.

Namun, jika berhubungan dengan pemilihan ukuran PK yang tepat, Anda tentu harus memperhatikan luasan ruangannya. Jangan sampai AC dengan PK kecil diletakkan di ruangan yang relatif besar. Akibatnya, efek dingin AC tidak akan terasa. Atau sebaliknya, jika ruang kecil ditempatkan AC dengan PK besar, justru akan memboroskan energi listrik.

Dalam menentukan besaran PK, Anda bisa menjadikan British Termal Unit (BTU) sebagai acuan besaran. Nilai BTU dapat Anda ketahui dengan mengalikan panjang (p) dan lebar (l) ruangan dalam satuan meter dengan 500 (besaran baku BTU).

Contohnya, untuk ruangan 3 x 2 meter, maka perhitungannya sebagai berikut:

Nilai BTU = p x l x 500 = 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU (karena kurang dari 5.000 BTU, maka masih memungkinkan penggunaan AC ½ PK). 

Adapun acuan menentukan besaran PK sebagai berikut:

  • ½ PK = 5.000 BTU (batas maksimal)
  • ¾ PK = 7.000 BTU
  • 1 PK = 9.000 BTU
  • 1 ½ PK = 12.000 BTU
  • 2 PK = 18.000 BTU

(FLORENSIA RANNY)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.