Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung-gedung di China yang "Norak" dan Bikin Tertawa....

Kompas.com - 07/05/2013, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Beberapa gedung spektakuler di China banyak menawarkan konsep-konsep arsitektur yang "berani", seperti stadion Bird Nest di Beijing. Tetapi, beberapa gedung lainnya terkesan sangat "memprovokasi" orang untuk tertawa, bahkan mencibir dan menyindir. Selamat datang di antara indah sekaligus anehnya arsitektur modern China!

China saat ini memang negara yang tengah booming dengan pembangunan gedung tinggi, besar-besar, dengan struktur bangunan menarik yang menguasai langit. Namun, memang, mulai berbentuk patung raksasa berjubah hingga koin tradisional China, tidak semua gedung pencakar langit itu lolos dari kritik.

Berdasarkan survei Archcy, sebuah firma arsitekur China, para pemilih yang disurvei secara online menempatkan Pangu Plaza yang digunakan selama Olimpiade Beijing 2008, sebagai salah satu bangunan terburuk di mata masyarakat China. Gedung dianggap "paling norak" di kawasan perairan timur Fushun ini dibuat dari 3.000 ton alumunium dan didekorasi menggunakan 12.000 lampu LED.

Sebelumnya, pada 2012 lalu, Hotel Tianzi di Beijing menempati urutan pertama gedung paling buruk di negara itu. Hotel dengan desain "tiga pria raksasa" berpakaian tradisional China itu melambangkan menggambarkan dewa-dewa China sebagai perlambang kemakmuran, kebahagiaan, serta kesuksesan karir.

Selain itu, ada juga gedung Shanghai LV, yang bentuknya menyerupai sepatu boot raksasa. Namun, malangnya dari semua gedung itu, adalah kehadiran kantor baru surat kabar milik harian pemerintah, People's Daily. Pasalnya, rupa gedung ini mirip betul dengan alat kelamin pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com