Kompas.com - 02/05/2013, 15:16 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Ditargetkan selesai pada 2014, proposal desain supermarket Sanya Lake Park, kawasan paling selatan China, ini menampilkan tambahan ruang bawah yang akan dijadikan ruang publik berbentuk taman bertingkat.

Komplek gedung berlokasi di Sanya Resort ini akan meliputi tiga menara apartemen sewa 21 tingkat. Apartemen residensial ini akan terintegrasi dengan taman semi tertutup.

Antarstruktur pada gedung ini tampak dibangun dengan penuh pertimbangan, baik dalam desain maupun penataan lanskapnya. Kedua hal itu diimplementasikan menjadi lingkungan yang interaktif menghubungan antara sarana publik, komersial, serta rekreasi keluarga.

Supermarket berbentuk segitiga ini terlihat banyak mengambil ruang eksterior dan tidak akan menampakkan konsep pasar tradisional yang biasanya berbentuk horizontal. "Memaksa" lahan yang ada, setengah dari supermarket Sanya ini akan berada di ruang bawah tanah, bersambungan dengan masing-masing menara dan bisa menyembunyikan pembuangan limbah dan sampah dari pandangan publik.

Adapun atap supermarket ini meliputi petak-petak kebun nan rimbun. Kebun-kebun ini akan selalu tumbuh subur untuk mengekspos pandangan ke dinding tirai supermarket, toko-toko kecil di dalamnya, memberi petunjuk ke arah jalan masuk gedung. Otomatis, dari sekeliling menara gedung ini akan terlihat struktur bangunan supermarket Sanya yang benar-benar ingin mengangkat pesona lahan hijau pada taman-taman di atapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.