Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik... Desain Supermarket Berbentuk Taman Bertingkat!

Kompas.com - 02/05/2013, 15:16 WIB

KOMPAS.com - Ditargetkan selesai pada 2014, proposal desain supermarket Sanya Lake Park, kawasan paling selatan China, ini menampilkan tambahan ruang bawah yang akan dijadikan ruang publik berbentuk taman bertingkat.

Komplek gedung berlokasi di Sanya Resort ini akan meliputi tiga menara apartemen sewa 21 tingkat. Apartemen residensial ini akan terintegrasi dengan taman semi tertutup.

Antarstruktur pada gedung ini tampak dibangun dengan penuh pertimbangan, baik dalam desain maupun penataan lanskapnya. Kedua hal itu diimplementasikan menjadi lingkungan yang interaktif menghubungan antara sarana publik, komersial, serta rekreasi keluarga.

Supermarket berbentuk segitiga ini terlihat banyak mengambil ruang eksterior dan tidak akan menampakkan konsep pasar tradisional yang biasanya berbentuk horizontal. "Memaksa" lahan yang ada, setengah dari supermarket Sanya ini akan berada di ruang bawah tanah, bersambungan dengan masing-masing menara dan bisa menyembunyikan pembuangan limbah dan sampah dari pandangan publik.

Adapun atap supermarket ini meliputi petak-petak kebun nan rimbun. Kebun-kebun ini akan selalu tumbuh subur untuk mengekspos pandangan ke dinding tirai supermarket, toko-toko kecil di dalamnya, memberi petunjuk ke arah jalan masuk gedung. Otomatis, dari sekeliling menara gedung ini akan terlihat struktur bangunan supermarket Sanya yang benar-benar ingin mengangkat pesona lahan hijau pada taman-taman di atapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com