Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Rahasia Mendekor Ruang Keluarga Modern

Kompas.com - 04/04/2013, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Menciptakan ruang keluarga modern yang cantik dan terkesan tepat sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu memperhatikan tiga kuncinya, yaitu menentukan gaya, disiplin pada warna, dan menciptakan "aliran" dalam ruang.

Berkomitmen pada gaya tertentu

Cobalah mencari referensi dekorasi interior yang paling cocok dengan rumah Anda, lingkungan sekitar rumah, dan selera Anda. Perhatikan benang merah dari contoh-contoh dekorasi yang sudah Anda kumpulkan.

Sebagai contoh, jika menginginkan gaya klasik, Anda akan melihat lengkung-lengkung cantik pada furnitur, skema warna yang cenderung lembut, serta pengaturan simetris. Berbagai karakteristik ini seolah meneriakkan konsistensi pada sebuah gaya tertentu.

Berkomitmen bukan berarti Anda perlu membeli barang baru. Pertama-tama, cobalah mencari di antara barang-barang yang sudah Anda miliki. Siapa tahu, selama ini Anda sudah memiliki barang yang cocok dengan rancangan baru dekorasi interior ruang keluarga Anda.

Berdisiplin dalam pilihan warna

Warna mampu membuat sebuah ruangan terasa menyatu. Namun, warna juga bisa membuat sebuah ruangan terasa seperti "kapal pecah". Untuk itu, perhatian terhadap penggunaan warna tidak hanya pada cat dinding, namun juga karpet, perabot, dan aksesoris.

Perhatikan juga bunga dan bahkan buku-buku di ruangan yang bersangkutan. Terutama, bila buku-buku tersebut memiliki tujuan estetis. Jangan malas mengecek color wheel atau panduan lain yang bisa Anda dapatkan.

Ciptakan "aliran" visual

Buatlah ruang Anda terasa "mengalir" dengan menggiring mata pada beberapa titik dan membiarkan bagian lainnya menjadi pelengkap. Pertama-tama, sediakan sesuatu yang menjadi pusat perhatian (focal point) di ruangan tersebut. Berbagai fitur dapat menjadi pusat perhatian, misalnya jendela besar atau coffee table unik.

Selain pusat perhatian, sediakan juga perabot yang membuat Anda betah berada di ruangan tersebut. Pastikan Anda menyertakan sofa nyaman atau permukaan empuk lainnya. Jangan lupa, Anda juga sebaiknya menyeimbangkan isi vertikal ruangan Anda, seperti memanfaatkan lampu lantai (floorlamp) dan rak yang cukup tinggi untuk menggiring mata lebih ke atas.

Penting juga menempatkan barang unik, personal, alami, dan barang-barang "normal" seperti majalah, buku, sepatu, kacamata, dan secangkir kopi yang tengah Anda minum. Kuncinya, pastikan selalu ada elemen yang membuat ruang terasa hidup dan berpenghuni.

(Sumber: www.realsimple.com)

Baca juga: "Rumah Ramping", Cocok untuk Keluarga Mungil!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com